blank
Mobil Patroli Polsek Petanahan, Kebumen, membagikan sedekah sayuran kepada warga.(Foto:SB/Ist)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Agama mengajarkan tangan di atas itu lebih baik. Begitulah kiranya perilaku para pedagang Pasar Petanahan, Kebumen, didukung warga dan personel Polsek Petanahan.

Setiap Rabu dan Jumat, mobil Patroli Polsek Petanahaan di kawasan pantai selatan Kebumen itu berkeliling. Uniknya sembari berpatroli, sekaligus membagikan sedekah sayur mayur dan sembako dari para pedagang dan personel Polsek ke warga.

Boleh dikatakan, jiwa sosial paguyuban pedagang di Pasar Petanahan patut dicontoh. Setiap dua hari dalam sepekan, mereka rutin menyisihkan dagangannya. Selanjutnya disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan.

blank
Para siswa dan santri ikut menurunkan sembako dan sayuran yang dibagikan mobil Patroli Polsek Petanahan,Kebumen,(Foto:SB/Ist)

Menurut penuturan Kapolsek Petanahan AKP Marheni, pihaknya sebagai aparat pelindung dan pengayom masyarakat sekaligus sebagai motor penggerak kegiatan sosial. Dari hari ke hari antusias warga semakin tinggi dalam bersedekah.

Beberapa jam sebelum kegiatan dimulai, warga pedagang maupun personel Polsek Petanahan mengumpulkan barang di Mapolsek Petanahan untuk disedekahkan dan disalurkan kepada masyarakat.

“Sejak pagi, Polsek kami ramai didatangi warga. Terutama para pedagang pasar yang ingin menitipkan barang untuk disedekahkan. Banyak juga dari personel yang rutin ikut sedekah pada kegiatan ini. Alhamdulillah,”jelas AKP Marheni, Rabu (5/1).

Menyasar Warga dan Pondok Pesantren

Bahkan kegiatan sedekah itu telah berjalan beberapa tahun terakhir. Polsek Petanahan memiliki kegiatan merangkul para pedagang pasar serta warga serta anggota Polri yang akan bersedekah. Mobil patroli pun dialihkan fungsi sebagai pengangkut sembako untuk masyarakat.

Beberapa pondok pesantren (ponpes) di Kecamatan Petanahan menjadi salah satu sasaran penyaluran sembako dan sayuran dari warga. Pada Rabu itu, kegiatan penyaluran sembako  dan sayuran dari Polsek Petanahan menyambangi Ponpes Nampudadi, Ponpes Miftahul Ulum dan Ponpes Sang Pencerah.

AKP Marheni pun membuka lebar pintu Polsek, jika ada masyarakat ingin berpartisipasi sedekah.”Kami malah senang. Siapa saja yang mau bersedekah bisa datang ke Mapolsek. Nanti kita salurkan ke mereka yang membutuhkan,”ungkap perwira Polwan yang bersuami purnawirawan polisi itu.

Komper Wardopo