blank
Kegiatan Makesta MTs Banat Kudus. Foto: Ist

KUDUS (SUARABARU.ID) – MTs NU Banat Kudus menggelar acara Masa Kesetiaan Anggota (Makesta) Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) sekolah itu pada 4—5 Januari 2022.

Kegiatan tersebut diselenggarakan sebagai proses kaderisasi dari bawah bagi kader-kader baru agar mampu secara individu dan kolektif organisasi melaksanakan cita-cita luhur organisasi IPPNU.

Kepala MTs NU Banat Kudus menyatakan, organisasi IPNU – IPPNU merupakan badan otonom Nahdlatul Ulama (NU) yang paling muda dan mempunyai pemikiran yang masih labil dalam memikirkan organisasi secara mendalam. Namun, IPPNU MTs Banat bersemangat untuk tetap mejaga dan melestarikan cita-cita luhur organisasi IPPNU dan meneruskan perjuangan pendahulu untuk menghidupkan organisasi yang bernapaskan sosial-keagamaan itu.

”Untuk mewujudkan cita-cita tersebut, diperlukan sebuah upaya pengaderan awal yang dimulai dari bawah secara berkesinambungan dan dilanjutkan dengan memberikan pelatihan-pelatihan yang terarah. Tujuannya adalah menunjang kemampuan kader-kader baru secara kolektif (organisasi),” kata Khusomah saat menutup acara Makesta di aula MTs NU Banat (5/1/2022).

Sementara itu, pengarah kegiatan Makesta MTs NU Banat, Khamidah, S.Ag., mengatakan, tantangan terberat bagi pengurus IPNU-IPPNU adalah mengawal proses kaderisasi yang optimal dan maksimal. Semua itu bergantung pada pengurus dan pimpinan untuk memikul dan melaksanakan tugas tersebut dengan komitmen bersama secara organisasi.

”Kaderisasi diharapkan menciptakan tetap eksisnya organisasi IPPNU sebagai wadah pelajar NU itu sendiri. Melalui jalan alternatif pelatihan melalui Makesta ini diharapkan tercetak kader baru yang peduli dengan organisasi IPPNU ke depan,” ujar Khamidah.

blank
Para peserta mengikuti Makesta untuk meningkatkan kemampuan dalam berorganisasi. Foto: Ist

Ketua IPPNU Komisariat MTs Banat Kudus, Qowwamina Bilqis Musthofa, mengatakan, pengurus berharap tercetak kader yang ulet, tangguh, andal, profesional, berwawasan luas, dan bertanggung jawab melalui kegiatan Makesta tersebut.

“Peserta kegiatan Makesta ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII dan IX MTs NU Banat Kudus tahun pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 785 peserta didik. Adapun narasumber yang dihadirkan berasal dari tim instruktur PAC IPPNU Kecamatan Kota Kudus, antara lain, H. Miftah Baidlowi, Yusrun Nada, Soleh Syakur, dan M. Felik Afifudin,” jelas siswa kelas VIII-D itu.

**/wied