blank
Petugas Polsek Jatiroto Polres Wonogiri, melakukan penanganan dan pemeriksaan di lokasi tragedi petugas listrik tewas tersengat stroom.
WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Tragis, seorang petugas listrik, Rabu siang (5/1), tewas tersengat stroom dari kawat jaringan terpasang, dan seorang temannya menderita luka bakar.

Kapolres Wonogiri AKBP Dydit Dwi Susanto dan Kapolsek Jatiroto Iptu Askuri, melalui Kasi Humas Polres AKP Suwondo, menyatakan, korban meninggal bernama Sutari (45) dan yang luka adalah Suryanto (42).

Sutari, pria kelahiran Gunungkidul Tanggal 1 Juni 1977, adalah warga asal Desa Pancarejo RT 3/RW 11, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

Kemudian Suryanto, kelahiran Gunungkidul 5 Mei 1980, merupakan warga asal Dusun Mulyosari RT 5/RW 2 Desa Baleharjo, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta.

Kejadiannya berlangsung Rabu siang (5/1) sekira Pukul 11.15, di Dusun Kepuh RT 1/RW 1, Desa Cangkring, Kecamatan Jatiroto, Kabupaten Wonogiri.

Upaya pertolongan dengan membawa korban ke Unit Rawat Inap Puskesmas Kecamatan Jatisrono, Wonogiri, tidak mampu menyelamatkan nyawa Sutari yang menderita luka bakar 90 persen.

Mobil Crane

Untuk korban luka Suryanto, kini dirawat di Rawat Inap Klinik Dokter Jarot di Kecamatan Slogohimo, Kabupaten Wonogiri.

blank
Personel Polsek Jatiroto Polres Wonogiri bersama aparat terkait, melakukan penanganan kasus pekerja listrik yang tewas karena tersengat stroom.

Petugas memperoleh keterangan, saat itu Sutari sebagai pekerja dari Rekanan PLN, hendak melanjutkan pekerjaan projek penambahan jaringan dari 1 phase menjadi 3 phase.

Sutari bertugas melakukan pemanjatan ke atas menggunakan mobil crane yang memiliki fasilitas ‘telelai gajah’. Tapi malang, saat menyetuh jaringan kawat terpasang, dia tersengat stroom. Aliran stroom, juga menyengat Suryanto yang bertugas sebagai operator mobil crane.

Kasus kecelakaan kerja ini, diduga terjadi karena korban mengira kalau stroom pada jaringan kawat terpasang telah lebih dulu dinetralkan. Tapi ternyata tidak demikian, karena jaringan kawat itu masih dialiri strom.

Dalam melakukan penanganan, petugas juga meminta keterangan dari saksi Parwanto (40) dan Uut Setiyadi (32), keduanya adalah warga Baleharjo, Wonosari, Gunung Kidul, DI Yogyakarta. Kedua rekan korban ini, berstatus sebagai karyawan PT Giri Cipta Elektrikal.

Bersamaan itu, polisi juga meminta keterangan dari Danar (45), Perangkat Desa Dusun Pundungsewu, Desa Pengkol, Kecamatan Jatiroto, Kabupaten Wonogiri.

Bambang Pur