blank
Kakanwil Kemenkumham Jateng, A. Yuspahruddin saat menandatangani Surat Keputusan pengangkatan PNS tahun 2022 dalam kegiatan pengambilan sumpah 403 PNS. Foto: Dok/ist

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Kepala Kanwil (Kakanwil) Kemenkumham Jateng, A. Yuspahruddin memimpin pengambilan sumpah atau janji Pegawai Negeri Sipil (PNS) Tahun 2022 yang diselenggarakan di Ballroom Hotel UTC Semarang, Rabu (5/1/2022).

Kakanwil menyampaikan, sebanyak 403 Pegawai Negeri Sipil yang mengikuti pengambilan sumpah ini merupakan CPNS yang ikut tes periode 2019.

“Mereka hari ini sudah resmi menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang ditempatkan di seluruh Unit Pelaksana Teknis (UPT) di Kanwil Jawa Tengah,” kata Yuspahruddin kepada awak media di Semarang.

Menurut Yuspahruddin, ke 403 PNS yang baru diambil sumpahnya mulai hari ini akan menjalankan hak dan kewajibannya penuh.

“Tadinya mereka berhak atas gaji 80 persen, namun mulai bulan Pebruari nanti mereka akan mendapatkan haknya 100 persen,” tandas Yuspahruddin

“Begitu pula tugas dan kewajibannya menjadi 100 persen. Mereka sekarang sudah boleh tugas mandiri, dimana sebelumnya kerja masih didampingi,” lanjutnya.

Menurut Yuspahruddin, sebelumnya ke 403 orang yang diambil sumpahnya ini dalam melakukan pekerjaan masih memakai baju putih, namun sekarang sudah memakai baju dinas.

Yuspahruddin berpesan kepada seluruh PNS yang baru diambil sumpahnya agar mempertahankan integritas dalam melaksanakan kerja. “Saya pesan agar mempertahankan integritas,” tandasnya.

Menurutnya, orang benar itu lebih baik dari pada orang pintar. Karena membenarkan orang pintar akan lebih sulit. “Lebih baik memintarkan orang yang benar, karena memintarkan orang benar akan lebih mudah,” tukasnya.

Disebutkan bahwa PNS yang diambil sumpahnya hari ini terdiri dari lulusan sarjana dan SLTA. Mereka yang menempati bidang analis dan pranata komputer adalah lulusan sarjana, sedangkan untuk penjaga tahanan merupakan lulusan SLTA.

Ditambahkan, 403 PNS tersebut hari ini telah memperoleh surat pengangkatan PNS, yang diharapkan mampu meningkatkan etos kerja dan semangat berkarya.

Ning