blank
Wakil Rektor III Unistri Doktor Sutoyo MPd dan Ketua SPMB Jaka H. Foto: Bagus Adji

SURAKARTA (SUARABARU.ID) – Kendati perkuliahan tahun akademik (TA) 2022/2023 baru akan berlangsung delapan bulan mendatang, namun sejumlah unversitas swasta di Surakarta mulai menjaring calon mahasiswa baru.

Penjaringan calon mahasiswa baru dilaksanakan lebih awal disertai harapan  akan memperoleh calon sesuai kriteria yang ditetapkan masing masing perguruan tinggi swasta. “Pelaksanaan penjaringan mahasiswa baru berlangsung mulai hari ini,” kata Wakil Rektor III Universitas Slamet Riyadi (Unisr) Surakarta Dr. Sutoyo MPd, Senin (3/1/2022).

Doktor Sutoyo MPd didampingi Ketua Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) Unisri Jaka H mengatakan, penjaringan calano mahasiswa baru dilaksanakan secara online dan ondesk.  Pada proses disebut terakhir hakikatnya sama dengan online, karena para calon wajib menggunggah data diri dan pihan jurusan melalui web.

Hanya saja pelaksanannya dilakukan di kampus. Dalam proses SPMB baik online maupun ondesk, peserta dapat mengetahui hasilnya secara seketika .

Pelaksanaan SPMB berlangsung hingga akhir Agustus 2022. Dan pelaksanan penerimaan berlangsung dalam tiga gelombang. Mengenai biaya pendaftaran maupun perkuliahan, tidak ada kenaikan. Artinya jumlah biaya yang harus dibayar calon masih sama dengan tahun lalu.

“Mengenai biaya perkulahan tidak mengalami kenaikan sejak tiga tahun terakhir. Target pendaftar TA 2022/2023  sebanyak 2.250 mahasiswa baru dan diharap dari jumlah itu 1.750 calon mahasiswa baru melakukan registrasi ulang,” terangnya.

Masih dalam kesempatan sama Ketua SPMB Unisri Jaka H mengatakan, penjaringan mahasiswa baru berlaku untuk program S 1 dengan pilihan enam fakultas dan 14 program studi (Prodi). “Penjaringan dilaksanakan lebih awal dengan harapan dapat mempereoleh calon mahasiswa baru sesuai kriteria yang ditetapkan,” katanya.

Bagus Adji