blank
Pasukan Purna Paskibraka dikukuhkan sebagai Duta Pancasila di Wonosobo. Foto : SB/Muharno Zarka

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Pemkab Wonosobo Jawa Tengah mengulukuhkan pasukan Purna Paskibraka menjadi Duta Pancasila tahun 2021. Pengukuhan dilakukan Ketua BPIP Yudian Wahyudi secara virtual di Pendopo Bupati setempat.

Bupati Afif Nurhidayat mengucapkan selamat dan terima kasih atas pelaksanaan tugas menjadi pasukan Purna Paskibraka pada upacara 17 Agustus 2021 dan saat ini menjadi Duta Pancasila Kabupaten Wonosobo.

“Duta Pancasila di Wonosobo tidak boleh hanya menjadi gelar semata. Namun harus dijiwai sebagai identitas yang melekat di mana dan kapan pun berada,” ucap dia.

Dengan demikian, lanjut Afif, status sebagai Dita Pancasila mampu menjadi tali kekang untuk berperilaku dengan baik di manapun dan kapanpun berada.

Sebagai pasukan Purna Paskibraka, diharapkan menjadi penerus bangsa dan diharapkan senantiasa mampu mengembangakan cipta, rasa dan karsa. Dapat mendukung kemajuan bangsa.

Tularkan Ilmu

blank
Setelah dikukuhkan Duta Pancasila foto bersama di Pendopo Bupati Wonosobo. Foto : SB/Muharno Zarka

Kepada para pembina, pembimbing dan pelatih, Afif juga menyampaikan penghargaan dan mengucapkan terima kasih atas segala jerih payah serta kesabaran, dalam membimbing putra-putri terbaik Wonosobo untuk menjadi anggota Paskibraka.

Kapten Inf Iwan Nafarin mewakili pelatih mengucapkan terima kasih kepada pasukan Purna Paskibraka yang telah melaksanakan tugas dengan baik. Selama berlatih dan menjalankan tentu suka dan duka yang telah dilalui bersama.

“Atas nama pelatih mohon maaf jika saat pelatihan telah memberikan hukuman atau yang lainnya. Itu semua ditujukan untuk mendidik menjadi generasi yang bisa diandalkan oleh bangsa dan negara,” tegasnya.

Ilmu yang sudah diajarkan para pelatih, imbuh dia, diharapkan bisa ditularkan kepada adik-adik kelasnya. Sebab kalian semua merupakan duta dari sekolah masing -masing.

“Apalagi saat ini sudah menjadi Duta Pancasila. Harus bisa membawa perubahan minimal bagi diri sendiri lebih-lebih kepada lingkungan sekitar,” pungkas Kapten Inf Iwan Nafarin.

Muharno Zarka