homestay
Ketua Paguyuban Homestay Borobudu, Muslih,. Foto: Yon

KOTA MUNGKID(SUARABARU.ID- Sebanyak 33 homestay yang ada di Kampung Homestay di Dusun Ngaran II, Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang  pada malam pergantian tahun kemarin, penuh. Bahkan, para pemilik homestay di Dusun Ngaran II tersebut sampai menolak menerima tamu.

“Selama pandemi, baru kali ini semua kamar homestay di Dusun Ngaran bisa penuh, sehingga sejumlah wisatawan terpaksa harus ditolak saat ingin bermalam,”kata Ketua Paguyuban Homestay Borobudur Muslih, Minggu (2/1).

Muslih mengatakan,  tingkat hunian homestay di malam Tahun Baru 2022 tersebut meningkat hampir 100 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Pada malam Tahun Baru 2021 lalu, wisatawan yang bermalam kurang dari 50 persen.

Menurutnya, para wisatawan yang menginap di homestay tersebut  memesang kamar homestay secara mendadak, yakni seminggu sebelumnya. Bahkan, ada yang secara mendadak satu hari sebelumnya.

“Karena sudah penuh, untuk yang pesan mendadak satu hari sebelumnya, kami menolak menerimanya,”katanya.

Para tamu tersebut menyewa homestay  untuk menginap selama liburan di kawasan Borobudur dengan waktu yang singkat. Ada yang satu malam pas bersamaan malam tahun baru dan ada pula yang menginap selama dua malam.

Sedangkan para wisatawan yang menginap tersebut   berasal dari berbagai kota dari luar Provinsi Jateng. Seperti dari Jawa Timur, Jawa Barat dan lainnya.

Muslih menambahkan, selama menginap di sejumlah homestay terserbut, mereka tidak merayakan malam tahun  baru..

Karena, di sekitar Borobudur maupun di masing-masing homestay tersebut tidak ada acara khusus.

“Mereka menghabiskan waktu malam pergantian tahun di masing-masing homestay dengan  membakar jagung atau ikan,”katanya.

Ia menjelaskan, di Dusun Ngaran II, Desa Borobudur saat ini  terdapat 33 homestay. Sedangkan tarif sewa homestay yang mempunyai masing-masing tiga kamar  tersebut, yakni  Rp 500 ribu per unitnya.

“Di luar  masa liburan tahun baru dan di masa pandemi covid-19 lalu, para pemilik homestay memberikan potongan harga sewa berkisar antara  Rp 100 hinga Rp150 ribu per unit per malam,”ujarnya. Yon.