blank
BRSPDM (Balai Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Mental) Margo Laras Pati Jumat (31/12/2021) melakukan asesmen terhadap Lasiyem di rumahnya. Foto: Dok Dinsos PPA Blora

BLORA (SUARABARU.ID) – Dinas Sosial dan P3A Kabupaten Blora menindaklanjuti penanganan terhadap Lasiyem, warga Dukuh Rejosari desa Pengkoljagong, Kecamatan Jati, Blora yang menderita tumor kulit yang sempat tertunda sejak pandemi

“Sehari menjelang Tahun Baru kemarin, Menteri Sosial melalui BRSPDM (Balai Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Mental) Margo Laras Pati melaksanakan asesmen awal untuk penanganan Lasiyem,” kata Dra. Indah Purwaningsih, M.Si, Minggu (2/1/2022.

Sebelum Dinas Sosial dan P3k Blora sudah mlaksanakan home visit pada  Maret 2020. Selanjutnya Lasiyem diminta untuk didaftarkan ke Data Terpadu Kesejahteraan Ssosial oleh Kades Pengkoljagong Sugiyono.

blank
Kasi Yanrehsos Pelayanan dan Rehabilitasi Sosial dan Dinsos P3A Bloramelakukan kunjungan ke rumah Lasiyem. Foto: Dok

“Kemudian oleh Dinsos P3A direkomendasikan untuk  pembuatan KIS BPJS, tapi saat akan operasi di Solo ditunda karna situasi covid hingga sekarang,” kata Indah Purwaningsih.

Saat ini secara rutin yang bersangkutan sudah mendapat bantuan sosial dengan mendapatkan BPNT (bantuan pangan nontunai) dan PKH (program keluarga harapan). “BAZNAS juga memberikan bantuan kemanusiaan, demikian pula Polsek Jati dan Polres Blora bahkan Kapolres turun langsung,” tambah Indah.

“Dengan ditindaklanjutinya ssesment awal oleh BRSPDM itu, kami berharap Bu Lasiyem mendapat perhatian khusus utk penanganan kesehatannya, direncanakan, lewat amnggaran tahun 2022 kami akan berikan tempat tidur dan kasur antidekobitus dan sarana-prasarana penunjang lainnya. Kemudianmelalui  Dinas Kesehatan dapat segera dirujuk ke RS untuk pelayanan medisnya,” ujar Indah.

wied