Petugas Gabungan mengingatkan pengunjung Gua Sentono mematuhi Protokol Kesehatan. Foto: Ist

BLORA (SUARABARU.ID) – Wisata alam Goa Sentono sendiri adalah salah satu wisata alam Gua Sentono di Dukuh Sentono Desa Mendenrejo, Kecamatan Kradenan, Kabupaten Blora.

Pengunjung Gua Sentoso tak hanya dari dalam kota Blora saja, namun ada juga wisatawan dari Jawa Timur karena Lokasinya berdekatan dengan wilayah kecamatan Ngraho, Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur.

Menurut pantauan di lokasi, Wisata Alam Goa Sentono pada hari libur ini sangat ramai dikunjungi warga, dan kehadiran petugas adalah untuk menjaga kondusifitas di wilayah setempat.

Benny Iryawan, warga Ngraho, Bojonegoro, Minggu, (02/01/2022) adalah  salah satu pengunjung wisata Gua Sentono. Dia mengaku senang dengan kehadiran petugas. Sebab Gua Sentono ini berada ditepian Sungai Bengawan Solo.

“Alhamdulilah dengan adanya petugas kami jadi lebih tenang. Ini tadi bersama keluarga, baru pertama kali ke sini,” kata Benny.

Lanjut Benny, dari Ngraho sudah membawa bekal makanan dan minum untuk keluarga berekreasi di Gua Sentono Kradenan Blora. “Namun tenryata di lokasi tempat wisata alam ini sudah ada warung-warung kuliner khas Blora dan kopi kothok,” katanya.

Benny mengaku, keluarganya penasaran ingin melihat Gua Sentono, “kami membawa tikar untuk lesehan sambil, menikmati wisata alam dengan hidangan sekadarnya,” ucap Benny sambil membentangkan tikarnya.

Antisipasi Penyebaran Corona

Sementara itu, petugas gabungan dari anggota Polsek Kradenan Polres Blora bersama Koramil Kradenan dan Satpol PP setempat intensif melakukan patroli ke lokasi wisata, Minggu, (02/01/2022). Salah satunya adalah patroli ke Wisata Alam Gua Sentono.

“Kita imbau kepada pengelola serta pengunjung untuk waspada terhadap gangguan kamtibmas seperti curanmor. Tak kalah penting yang harus diantisipasi adalah kerumunan warga yang dikhawatirkan bisa menimbulkan penularan covid-19,” ucap AKP Lilik Sukaryono,SH,MH.

Lebih lanjut, Kapolsek Kradenan AKP Lilik Eko  mengungkapkan bahwa patroli obyek wisata ini adalah menindaklanjuti instruksi Kapolres Blora AKBP Wiraga Dimas Tama,SIK untuk antisipasi penularan covid-19 pada libur tahun baru 2022.

“Selain untuk antisipasi gangguan kamtibmas, dalam patroli juga kita tekankan penerapan protokol kesehatan. Apalagi saat liburan seperti ini, intensitas pengunjung meningkat dari hari biasa,” tandas Kapolsek Kradenan.

Pada Zaman Dahulu

Berdasarkan beberapa cerita warga Dukuh Sentono Desa Mendenrejo, dipercaya pada zaman dahulu tersebutlah kisah ada suatu padepokan kecil yang bernama “Sentono” dibawah pimpinan Ki Blacak Ngilo. Blacak Ngilo adalah bekas prajurit Majapahit yang melarikan diri disaat terjadi perang saudara memperebutkan kekuasaan atau Perang Paregreg.

Tari (55) salah satu warga Dukuh Sentono menjelaskan,,bahwa pada mulanya padepokan yang dipimpin Blacak Ngilo ini sangat termasyur, sehingga banyak orang berbondong-bondong ke Sentono untuk nyantrik dan berguru ke Blacak Ngilo.

“Dengan arif dan bijaksana Blacak Ngilo mengajarkan berbagai macam ilmu, mulai dari cara bercocok tanam, budi pekerti, spiritual dan olah kanuragan. Banyak yang tertarik dan bersimpati terhadap Blacak Ngilo,” kata  Tari.

Daerah Sentono sendiri berada di tepi aliran Bengawan Solo, sehingga strategis untuk pertanian. Tak mengherankan jika Sentono dan sekitarnya mengalami perkembangan yang luar biasa hebat. Bahkan Blacak Ngilo oleh para pengikutnya diperlakukan bak seorang Raja.

Kudnadi