AKP Kukuh Wiyono dari Polres Wonogiri (kanan), membantu petugas medis yang melakukan pelayanan tes swab antigen kepada pelancong di objek wisata Umbul Nogo, Manyaran, Wonogiri.

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Pelancong liburan Tahun baru 2022 di Wonogiri, Sabtu (1/1), menjalani tes swab antigen secara random. Langkah ini, dilakukan dalam upaya pencegahan penularan Covid-19.

Sebagaimana dilakukan di objek wisata Umbul Nogo, Kecamatan Manyaran, Kabupaten Wonogiri, misalnya, ada tiga pelancong yang di-tes swab antigen.

Yakni Rohadi, warga asal Sakerta Timur, Kuningan, Jabar. Berikut Kusnanto dan Rahmat Yunianto Putro, keduanya asal Karangmojo dan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, DI Yogyakarta. Hasil tes mereka negatif semua.

Kapolres Wonogiri AKBP Dydit Dwi Susanto, melalui Kasubsi Penmas Humas Polres Aipda Iwan Sumarsono, Sabtu (1/1), menyatakan, pengambilan tes swab antigen pelancong secara random.

Itu berlangsung bersamaan patroli tim gabungan yang merondai keamanan ke objek-objek wisata di Wonogiri. Tim Pengamanan Nataru Wonogiri, juga mendatangi ke objek wisata ke Museum Karst di Kecamatan Pracimantoro dan ke Embung Waleng di Kecamatan Girimarto.

Personel BKO

Tim Pengamanan Nataru Wonogiri dipimpin Kabagren Polres AKP Kukuh Wiyono dan Kasubbagbinops Bagops Polres AKP Suryani. Saat ke Objek wisata Umbul Nogo, hadir pula Plt Camat Manyaran, Sri Widodo.

Tim Gabungan Pengamanan Nataru, proaktif membantu pengaturan pelancong dan memberikan edukasi pentingnya mematuhi Prokes pencegahan penularan Covid-19.

Juga hadir Danramil-11 Kapten (Inf) Agus Priyanto dan Kapolsek AKP Wartadi, masing-masing bersama anggota. Berikut personel dari Polsek Wuryantoro yang di-Bawah Komando Operasi (BKO)-kan ke Manyaran.

Pengambilan tes swab antigen pada pelancong, dilakukan oleh  tenaga kesehatan (Nakes) Puskesmas Manyaran pimpinan Nur Sasongko, bersama Satuan Gugus Tugas Covid-19 Kecamatan Manyaran.

Sementara itu, untuk pengamanan objek wisata Museum Karst di Kecamatan Pracimantoro, Wonogiri, dipimpin Kapolsek Pracimantoro AKP Setiyono bersama anggota dan personel dari Polsek Eromoko yangh di-BKO-kan ke Pracimantoro.

Dalam liburan Nataru (Natal dan Tahun Baru), Pemkab Wonogiri membolehkan objek-objek wisata menerima kunjungan para pelancong. Tapi diwajibkan dengan menerapkan Prokes pencegahan Covid-19 secara ketat, untuk menghindari kemunculan klaster baru.

Bambang Pur