Personel Polsek Giriwoyo Polres Wonogiri, mendatangi ke lokasi, untuk meminta keterangan kronologis tragedi tenggelam tewas di Kali Wenang.
WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Momentum Tahun Baru 2022 di Kabupaten Wonogiri, diwarnai tragedi orang tewas tenggelam di perairan Kali Wenang, Kelurahan Giriwoyo, Kecamatan Giriwoyo.

Korban bernama Erwin Adi Prasetyo (19), warga RT 01/RW 05 Lingkungan Ngrembang, Kelurahan Giriwoyo, Kecamatan Giriwoyo, Kabupaten Wonogiri.

Kapolres Wonogiri AKBP Dydit Dwi Susanto dan Kapolsek Giriwoyo Iptu Sumarwan, melalui Kasi Humas Polres AKP Suwondo, menyatakan, korban ditemukan tewas tenggelam Sabtu siang (1/1) di Kali Wenang.

Lokasi tenggelamnya pria kelahiran Wonogiri Tanggal 6 Juni 2003 ini, berada di sebelah utara Pasar Wenang, Giriwoyo, Wonogiri. Saat itu, korban berniat memburu biawak, tapi mengalami nasib naas tenggelam dan tewas.

Informasi dari lokasi kejadian menyebutkan, korban saat itu pergi ke Kali Wenang bersama rekan sekampungnya, Ramadhan Dwi Putra (20) untuk mencari Biawak. Dibawa serta seekor anjing piaraannya untuk membantu perburuan Biawak.

Begitu sampai di lokasi, Erwin yang pandai berenang, segera menceburkan ke Kali Wenang untuk mengikuti anjing piaraannya. Tapi mendadak dia berteriak minta tolong, karena kakinya seperti ada yang menarik ke dasar kali.

Mengapung

Rekannya, Ramadhan, tidak kuasa memberikan pertolongan, karena tidak dapat berenang. Empat orang warga segera memberikan pertolongan, tapi gagal menyelamatkannya.

Seorang warga menunjukkan lokasi perairan Kali Wenang yang menewaskan Erwin. Kondisi kali banyak ditumbuhi rumput dan semak belukar yang menyubur.

Upaya pertolongan pencarian, segera dilakukan dan sekitar 20 menit kemudian berhasil menemukan korban mengapung di lokasi kali agak ke tepi perairan. Segera warga dan relawan mengevakuasinya untuk diangkat ke daratan tepi kali.

Plt Camat Giriwoyo, Fuad Wahyu Pratama, menyatakan, pertolongan diberikan oleh warga bersama pamong desa dan petugas Polsek yang dipimpin Kapolsek Iptu Sumarwan.

Ikut hadir dalam penanganan di lokasi, Kasi Tapem Kecamatan Giriwoyo, Suripto, bersama Tim Medis Puskesmas Giriwoyo yang melakukan pemeriksaan jenazah korban.

Hasil pemeriksaan tidak ditemukan tanda-tanda mencurigakan, dan disimpulkan korban tewas karena tenggelam. Warga menyebutkan, aliran Kali Wenang termasuk kawasan wingit (angker).

Usai pemeriksaan, mayat korban diserahkan ke pihak keluarga dengan disaksikan oleh pamong desa, untuk dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Dusun Ngrembang, Kelurahan Giriwoyo, Kecamatan Giriwoyo, Wonogiri.

Bambang Pur