blank
Foto dok. Aktivitas pedagang di Pasar Tanjung Jember. Antara

JEMBER (SUARABARU.ID)- Harga beberapa kebutuhan pokok di pasar tradisional Kabupaten Jember, Jawa Timur merangkak naik menjelang akhir tahun 2021 karena pasokan komoditas tersebut terbatas.

“Beberapa bahan pokok yang terus merangkak naik yakni minyak goreng, telur ayam ras dan daging ayam ras,” kata Samik, salah seorang pedagang di Pasar Tanjung Jember, Selasa (28/12/2021).

Berdasarkan data petugas pencatat harga di Pasar Tanjung Jember, harga telur mengalami kenaikan dalam sepekan terakhir yakni dari Rp24 ribu menjadi Rp30 ribu per kilogram dan harga minyak goreng kemasan 2 liter dari Rp35 ribu menjadi Rp40 ribu, kemudian harga daging ayam ras Rp30 ribu menjadi Rp35 ribu per kilogram.

“Kedua komoditas tersebut terus merangkak naik, sehingga banyak konsumen yang mengeluh akibat kenaikan minyak goreng dan telur ayam ras,” tuturnya.

Untuk komoditas beras masih cukup stabil di pasaran yakni Rp10.000 hingga Rp12.500 perkilogram dan harga gula di kisaran Rp12.000 per kilogram.

“Kabupaten Jember memang dikenal sebagai salah satu lumbung pangan di Jatim, sehingga harga beras masih cukup stabil dari premium hingga medium,” katanya.

Harga cabai rawit di sejumlah pasar tradisional Jember sempat meroket mencapai Rp80 ribu hingga Rp85 ribu per kilogram, namun memasuki pekan ini harganya mulai turun menjadi Rp72 ribu hingga Rp75 ribu per kilogram.

Pedagang sayur dan bumbu di Pasar Tanjung Jember, Ratih mengatakan harga cabai sempat melambung tinggi karena pasokan berkurang dari petani dan hasil panen petani juga rusak karena curah hujan yang tinggi.

“Hampir setiap tahun harga cabai meroket saat musim hujan karena pasokan dari petani terbatas, sehingga pedagang pun juga mengurangi pembelian dari pengepul karena komoditas cabai tidak tahan lama,” ujarnya.

Berdasarkan data di Pasar Tanjung Jember tercatat harga cabai rawit mengalami penurunan dari Rp80 ribu menjadi Rp72 ribu per kilogram, sedangkan harga cabai merah besar justru mengalami kenaikan dari Rp20 ribu menjadi Rp25 ribu per kilogram.

Untuk harga bawang merah sebesar Rp26 ribu per kilogram, bawang putih Rp22 ribu perkilogram, daging sapi Rp120 ribu per kilogram, dan sayur mayur juga terpantau cenderung naik akibat musim hujan.

Ant-Claudia