blank
Babinsa lakukan pengasapan sarang nyamuk, hari ini. Foto: eko

KOTA MUNGKID(SUARABARU.ID)-Tim gabungan yang melibatkan unsur dari Koramil, Polsek dan Puskesmas Mungkid bersama warga melakukan fogging (pengasapan), hari ini. Upaya itu dilaksanakan dalam rangka pencegahan penyebaran nyamuk Aedes Aegypti di lingkungan Ngentak, Sawitan, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang, agar tidak meluas.

Di tengah pandemi Covid-19, anggota Babinsa, Koramil 13/Mungkid, tidak melupakan ancaman penyakit Cikungunya. Begitu ada permintaan dari Puskesmas, langsung bergerak melakukan fogging bersama.

Dalam kesempatan tersebut Danramil 13/Mungkid melalui Babinsa Sawitan, Serda Rochamin, mengatakan bahwa selama ini memang berfokus membantu pemerintah dalam mencegah penyebaran Covid-19. Tetapi bukan berarti melupakan tugas yang lain atau tugas-tugas kewilayahan.

“Banyaknya keluhan warga tentang maraknya Demam Cikungunya di wilayah Sawitan selama musim hujan ini, kami membantu memberikan sosialisasi tentang pemberantasan sarang nyamuk, menjaga pola hidup bersih dan sehat, juga melakukan fogging untuk memberantas jentik-jentik nyamuk,” tuturnya.

Babinsa juga mengimbau agar warga tidak hanya mengandalkan pengasapan atau fogging tanpa melaksanakan 3 M. Karena jika tidak menjaga kebersihan tentunya jentik-jentik baru akan kembali mengancam.

Muhfid selaku petugas lingkungan Sawitan menyampaikan ucapan terima kasih dan sangat mengapresiasi sinergitas dalam kegiatan tersebut.

“Tentu kegiatan fogging ini sangat penting, selain pemberantasan sarang nyamuk juga untuk meningkatkan kepedulian masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan yang bersih dan sehat,” katanya.

Tadi yang terlibat dalam kegiatan tersebut Babinsa Sawitan beserta tiga orang anggota Koramil 13/Mungkid, Bhabinkamtibmas Sawitan, UPTD Puskesmas Kota Mungkid, anggota Dinas Kesehatan, petugas lingkungan Sawitan dan juga warga setempat.

Eko Priyono