blank
Logo baru PDAM Tirta Perwitasari yang diluncurkan oleh Wabup Yuli Hastuti, didampingi oleh Dirut Hermawan Wahyu Utomo. (Foto: Utami)

PURWOREJO, SUARABARU.ID – Sejak tahun 2017 hingga tahun 2021, Perusahaan Umum Daerah ( Perumda ) Air Minum Tirta Perwitasari atau PDAM Tirta Perwitasari telah mencapai rangking yang signifikan. Dari peringkat nasional ke 106 di tahun 2017, kini perusahaan plat merah itu menduduki peringkat 42 BUMD air minum berkinerja terbaik di tahun 2020.

Bahkan, perusahaan penyedia air bersih ini mendapatkan penghargaan Top BUMD Award Bintang 4 tiga kali berturut-turut sejak tahun 2019, 2020 hingga tahun 2021.
Hal ini disampaikan oleh Direktur PDAM Tirta Perwitasari, Hermawan Wahyu Utomo saat memberikan sambutam dalam rangka HUT ke-47 sekaligus launching logo baru, Senin (13/12) di kantor Perumda.

“Semua pencapaian yang telah ditorehkan oleh PDAM Tirta Perwitasari merupakan hasil usaha semua pihak. Insyaallah tahun 2022 PDAM akan mendapat hibah air minum berbasis kinerja dari Pemerintah Australia dalam program KIAT (Kemitraan Indonesia Australia untuk Infrastruktur),” kata Wawan, panggilannya.
Dari 391 PDAM kabupaten/kota yang ada di Indonesia, hanya 6 yang mendapat bantuan berbasis kinerja itu.

“Kami memaknai Penghargaan ini merupakan bentuk pengakuan dan apresiasi kepada PDAM Tirta Perwitasari atas kinerja yang telah dilakukan selama ini berupa pelayanan kepada masyarakat,” ujar Hermawan.

Kedepan PDAM Tirta Perwitasari memiliki target besar untuk menyuplai kebutuhan air di Bandara Yogyakarta International Airport (YIA).

Sementara itu, dalam sambutannya, Wabup Yuli Hastuti berpesan agar sebagai perusahaan milik pemerintah daerah, PDAM Tirta Perwitasari Purworejo, Jawa Tengah, diharapkan dapat terus memberikan kontribusi bagi pendapatan asli daerah.

“Salah satu perubahan logo yang paling menonjol adalah adanya kepala tokoh pewayangan Bima, yang melambangkan keberanian, kejujuran dan komitmen. Semoga dengan adanya logo baru, nilai-nilai tersebut benar-benar termanifestasikan dalam budaya perusahaan,” kata Yuli.

Menurutnya, perumda air minum harus dapat dikelola secara professional, agar dapat memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat tanpa meninggalkan fungsi bisnisnya sebagai perusahaan umum daerah.

“Saya merasa bangga dengan capaian dan prestasi yang selama ini berhasil diraih oleh PDAM Tirta Perwitasari dibawah kepemimpinan Saudara Hermawan Wahyu Utomo yang beberapa kali meraih penghargaan tingkat nasional. Diharapkan kedepan akan mampu menggapai visi menjadi Perumda Air Minum yang profesional, mandiri menuju terwujudnya pelayanan yang prima,” harapnya.

UTAMI