blank
Bupati Kebumen Arif Sugiyanto dan Rois Syuriyah PCNU KH Afifudin Chanif Al Hasani (Gus Afif) bersama para pengurus Fatayat NU Kebumen.(Foto:SB/Ist)

KEBUMEN (SUARABARU.ID)-Bupati Kebumen Arif Sugiyanto menyatakan dukungannya untuk membantu organisasi Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kebumen agar bisa semakin berkembang maju dengan dengan tigal hal ini.

Pertama dari sisi penguatan anggaran. Sebagai ormas Islam terbesar yang sudah jelas kiprahnya di masyarakat, maka PCNU perlu didukung dengan penguatan anggaran. “Jadi anggaran untuk PCNU perlu kita tambah,”ujarnya.

Bupati menyampaikan itu saat menghadiri pelantikan Pengurus Cabang Fatayat NU Kebumen masa khidmad 2021-2026 di Pendopo Rumah Dinas Bupati, Minggu (5/12). Acara dihadiri Rois Syuriyah PCNU Kebumen KH Afifudin Khanif Al Hasani (Gus Afif).

Kedua, penguatan santri di pondok pesantren dengan hadirnya program Sibusah (Santri Sehat dan Berkah). Pemerintah meminta pihak rumah sakit dan puskesmas memberikan layanan kesehatan langusung ke pondok pesantren.

blank
Pengurus PC Fatayat NU Kebumen 2021-2026dilantik di Pendopo Rumah Dinas Bupati, Minggu 5/12.(Foto:SB/Ist)

“Beberapa waktu lalu sudah kita lakukan dengan menghadirkan pengobatan gratis dari RSUD Kebumen di Pondok Pesantren Tathmainul Qulub Tamansari, Tamanwinangun. Jadi kita tidak ingin lagi ada kesan santri di Ponpes itu kurang sehat, tidak bersih dll,”ujar Arif Sugioyanto.

Ketiga, Program Sibasuh yaitu Program Bapak Asuh. Untuk sasarannya adalah santri pondok pesantren yang kurang mampu. Mereka akan diberi bantuan dari pemerintah atau diasuh oleh pemerintah untuk mendapat jaminan pendidikan.

“Santri Kebumen yang tidak mampu, nanti akan diasuh oleh pemerintah. Mendapatkan pendidikan gratis dan uang saku. Tahun 2022 sudah bisa dijalankan,” terang Bupati yang juga menjabat sebagai Bendahara PCNU Kebumen.

Komper Wardopo