blank
Ilustrasi. Foto: Ist

blank

SETIAP orang memiliki kemampuan paranormal. Yang membedakan ukurannya, apakah besar, sedang atau kecil. Selain faktor bakat, kemampuan itu bisa timbul karena ketekunan berlatih atau olah batinnya.

Ada perbedaan antara orang yang berbakat dengan yang tidak berbakat dibidang itu. Artinya, sama-sama berlatih dengan cara yang sama, hasilnya bisa saja berbeda.

Orang berbakat yang malas berlatih, bisa kalah dengan yang kurang berbakat namun punya kemauan kuat berlatih. Sedangkan golongan yang istimewa itu orang yang memiliki bakat besar dan punya kemauan untuk terus berlatih.

Untuk mengetahui apakah seseorang itu termasuk orang yang memiliki bakat dibidang keparanormalan, sebagian dari tanda-tandanya, sebagai berikut :

• Apa yang terjadi saat ini, jauh-jauh hari, bulan atau tahun Anda sudah bisa memprediksinya.
• Impian-impian Anda sering menjadi kenyataan.
• Ketika mengunjungi suatu tempat, Anda merasa sudah pernah berada disitu, padahal itu baru yang pertama kalinya.
•  Anda sering kali sudah tahu apa yang akan dibicarakan seseorang yang berkomunikasi dengan Anda.
•  Anda sering merasakan kehadiran “sesuatu” yang tidak tampak secara kasat mata.
•  Anda sering mengambil keputusan penting berdasarkan intuisi.
•  Anda sering melihat cahaya aneh seperti kilat putih atau warna-warni di sekelilingnya, dan setelah dilihat orang lain, cahaya itu tidak ada.
•  Anda sering mengingat atau membayangkan seseorang, dan tidak lama kemudian orang itu datang atau menghubungi via telepon, dsb?
•  Anda sering melihat aura wajah seseorang dan aura pada wajah sendiri.
•  Anda mampu mengingat pengalaman yang terjadi pada saat usia 2-3 tahun.
•  Ketika Anda bermimpi melihat seseorang, tidak lama kemudian orang itu datang atau menghubungi lewat telepon, dsb.
•  Anda sering menguasai suatu pengetahuan tanpa dia mempelajarinya.
•  Ketika perasaan Anda kurang nyaman, beberapa saat kemudian ada berita yang kurang menggembirakan.
•  Anda pernah atau bahkan sering out of body yaitu “keluar” dari tubuh dan fenomena itu dirasakan sesuatu yang sangat nyaman.
•  Anda sering terbayang-bayang wajah seseorang, dan tidak lama kemudian orang itu datang menemui.

blank
Ilustrasi. Foto: Ist

Apakah Anda percaya manusia itu memiliki ESP atau indera keenam? Jika hal itu sering atau hanya sesekali terjadi, berarti Anda berbakat dibidang keparanormalan. Indra keenam adalah sarana untuk merasakan secara naluri atau intuisi yang dikenal sebagai extrasensory perception (ESP) yaitu indra untuk menerima informasi melalui pikiran.

Indra keenam sering dikaitkan dengan mistis, termasuk indigo pada anak-anak maupun dewasa. Ada cara mendeskripsikan indra ini secara logika, yaitu berkaitan otak yang dapat memantau dan merasakan perubahan pada lingkungan.

Ada orang terlahir dengan indra keenam. Terkadang ini berkaitan dengan mutasi gen yang membuat fungsi bagian otak lebih kuat. Manusia dapat menggunakan informasi visual dengan tanpa melihatnya.

Jika kita mampu merasakan peristiwa yang akan terjadi, itu karena pikiran manusia  cukup peka. Misalnya, jika Anda bermimpi ada teman kecelakaan, dan sesaat kemudian itu terjadi, bukan berarti Anda bisa melihat masa depan. Bisa jadi karena Anda sering memikirkannya.

Terbukti, ketika yang mengalami kecelakaan itu orang lain yang tidak pernah dipikirkan, Anda tidak mendapatkan infonya. Karena itu, para ilmuwan berusaha mengungkap misteri indra keenam agar dapat dijelaskan secara logika, sehingga ada peneliti yang percaya, indra keenam itu ada walau secara ilmiah belum bisa disimpulkan.

Penjelasan indra keenam berdasarkan penelitian skala kecil masih perlu penelitian lanjutan jika itu dapat memberikan manfaat yang positif. Sebaliknya jika dirasa keberadaannya justru membuat tidak nyaman, ada baiknya konsultasi ke psikolog atau psikiater agar segera dilakukan penanganan lebih lanjut.

Apalagi jika yang dianggap sebagai daya linuwih itu disertai munculnya perilaku baru :  Malas mandi, nyaman pada ruangan  jorok, bau dan berantakan, tidak nyaman berinteraksi dengan orang lain,  perilaku asosial, tidak produktif, bicara kacau, ide-ide tidak lazim, munculnya waham atau keyakinan palsu yang sudah tidak bisa dibelokkan.

Jika gejala itu ada pada  diri seseorang, sebelum terlambat, segera lakukan penanganan medis. Karena ada yang punya keluarga sakit jiwa, namun  itu dianggap ada keterlibatan jin atau dunia gaib.

Masruri, penulis buku, praktisi dan konsultan metafisika tinggal di Sirahan Cluwak Pati