blank
Perwakilan dari 27 PWNU seluruh Indonesia, menyatakan siap menjadi peserta dalam muktamar ke-34 NU, pada 17-19 Desember 2021 mendatang di Lampung. Foto: dok/ist

JAKARTA (SUARABARU.ID)– Puluhan pimpinan Syuriyah dan Tanfidziyah dari 27 Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) seluruh Indonesia, mendatangi Rais Aam PBNU, KH Miftachul Akhyar, Senin (29/11/2021).

Selain menyatakan mendukung Rais Aam, mereka juga menegaskan siap menjadi peserta dalam muktamar ke-34 NU, pada 17-19 Desember 2021 mendatang, di Lampung.

Mereka diterima di Kantor PBNU, Jalan Kramat Raya 164 Jakarta Pusat. Para kiai berasal dari PWNU Jawa Timur, Jawa Tengah, Yogyakarta, Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Sumatera Barat, Bengkulu, Lampung, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan.

BACA JUGA: Mahesa Jenar Matangkan Taktikal di Stadion Jatidiri

Lalu ada pula wakil dari Kalimantan Barat, Bali, Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tenggara, Maluku, Maluku Utara dan Papua Barat. Sebagai juru bicara rombongan adalah Katib Syuriyah PWNU Jatim, KH Syafruddin.

Ketua Panitia Daerah Muktamar NU di Lampung dan sekaligus Ketua NU Lampung, Prof Dr KH Moh Mukri menyatakan, sejak 2020, PWNU Lampung sudah siap menjadi tuan rumah dan telah menyiapkan segala daya dukung dan fasilitasnya untuk menyelenggrakan muktamar.

”Terkait pelaksanaan Muktamar NU di Lampung, dari tahun 2020 saja kami sudah siap jadi tuan rumah. Kami selaku Panitia Daerah sekaligus Pimpinan Wilayah NU bersama 27 Wilayah Provinsi, siap mendukung dan melaksanakan Muktamar ke-34, pada 17-19 Desember 2021, sesuai instruksi Rais Aam PBNU,” ujar Prof Mukri, yang juga Rektor UIN Lampung ini.

BACA JUGA: TP PKK dan Kader Didorong Jadi ‘Support System’

Bahkan, lanjut dia, sebelum ada pertemuan dengan para Pimpinan Wilayah NU ini, Panitia Daerah sudah memantapkan kordinasi.

”Hasil koordinasi terakhir dengan Kapolda, Danrem, dan Gubernur Lampung, semuanya menyatakan Siap. Termasuk Gubernur Lampung yang sudah menyiapkan dukungan sarana, fasilitas, maupun pendanaan,” tegasnya.

Mantan Ketua PW GP Ansor Lampung itu menampik adanya berbagai spekukasi, seakan pelaksanaan Muktamar ke-34 NU mustahil dilakukan di Lampung.

BACA JUGA: Wartawan Olahraga Harus Ikut Gemakan Desain Besar Olahraga Nasional

”Seluruh fasilitas penginapan di sejumlah hotel, maupun pelaksanaan muktamar, baik pembukaan, persidangan, maupun penutupan, kami tegaskan Lampung sangat siap untuk menyukseskan muktamar,” tegas Prof Mukri.

Menanggapi kedatangan para pimpinan NU dari berbagai wilayah, Rais Aam memberi jawaban yang melegakan mereka. Ketua PWNU Sumatera Selatan, H Amiruddin Nahrawi saar dikonfirmasi wartawan menyampaikan, Rais Aam menegaskan, muktamar harus dilaksanakan 17 Desember 2021.

”Beliau menyatakan, muktamar tetap harus diselenggarakan tanggal 17 Desember 2021. Itu persis Surat Perintah Rais Aam yang ditujukan kepada Panitia Muktamar,” kata H Amiruddin mengutip Kiai Miftachul Akhyar.

Selain itu, imbuhnya, Rais Aam mengingatkan agar mukatamar dilaksanakan sesuai dengan aturan. ”Beliau mengingatkan, muktamar harus dilaksanakan sesuai aturan, tidak menabrak AD/ART, serta penuh kedamaian dan persaudaraan,” tegasnya.

Riyan