blank
Norhidayati, S.Pd.,

Oleh: Norhidayati, S.Pd.

Matematika merupakan dasar ilmu eksakta yang penting untuk dipelajari. Secara hierarki setara dengan filsafat, matematika menempati posisi paling mendasar sebagai pondasi dari semua ilmu pengetahuan. Konsep penerapannya selalu bersentuhan dalam kehidupan sehari-hari.

Namun tak jarang siswa menyukai pelajaran matematika. Sebab kesulitan dalam mencerna pelajaran, monoton, dan mindset negative terhadap pelajaran matematika. Masalah ini harus diatasi melalui metode interaktif dalam konteks era digital.

Era pembelajaran berbasis online menuntut guru untuk berpikir kritis dan kreatif menerapkan metode pembelajaran jarak jauh yang relevan di era 5.0. Pembelajaran matematika melalui kuis interaktif atau disebut kikes diterapkan siswa siswi kelas 1 di SDN 4 Muryolobo.

Awal pandemi, pendidikan membawa dampak perubahan. Pembelajaran daring menjadi keharusan bagi guru untuk melaksanakan kegiatan Belajar Dari Rumah (BDR) yaitu Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Daring dan Luring. PJJ Daring secara khusus menggabungkan teknologi elektronik dan teknologi internet. Sementara itu, PPJ Luring adalah pembelajaran yang dilakukan secara mandiri melalui televise, radio, buku cetak, dari media belajar.

Pada awal pelaksanaan kegiatan pembelajaran matematika kelas 1 SD di SDN 4 Muryolobo memanfaatkan aplikasi YouTUbe. Semula pembelajaran siswa sangat antusias mengikuti kegiatan pembelajaran. Namun setelah berlangsung hampir satu bulan, siswa menjadi bosan. Hal itu berdampak pada kegiatan pembelajaran yang menjadi pasif. Sehingga tujuan pembelajaran yang diinginkan tidak tercapai sesuai harapan. Hasil belajar siswa menjadi rendah. Dari 19 siswa, siswa yang dapat mencapai nilai KKM (65) hanya sekitar 42% atau 8 siswa. Sedangkan 11 siswa atau 58% lainnya belum mencapai KKM.

blank
Kuis Interaktif Kelas 1 SD (Kikes)

Berdasarkan temuan tersebut, maka guru matematika berinisiatif untuk menggunakan aplikasi playstore. Menurut Utomo (2015) kuis interaktif adalah sebuah aplikasi yang memuat materi pembelajaran dalam bentuk soal atau pertanyaan yang memungkinkan siswa untuk meningkatkan wawasan mengenai materi pembelajaran secara mandiri hanya dengan sekali menekan tombol pada tampilan aplikasi. Kuis interaktif yang digunakan untuk membuat pembelajaran menjadi lebih mengasyikkan yaitu kikes.

Kikes adalah akronim dari kuis interaktif kelas satu. Kikes merupakan aplikasi pada android yang berisi soal-soal untuk dikerjakan siswa. Soal pada kikes di kemas dalam bentuk permainan yang membuat siswa merasa sedang bermain. Semua siswa tertarik untuk mencoba menggunakan kuis interaktif kelas satu. Pembelajaran yang tadinya pasif karena siswa merasa bosan menjadi aktif kembali. Keaktifan siswa tersebut diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Kegiatan pembelajaran menggunakan kuis interaktif kelas satu tersebut dilakukan dalam lima langkah. Langkah pertama siswa mendownload aplikasi kuis interaktif kelas satu pada play store di android. Langkah ke-dua siswa mengaktifkan aplikasi kuis interaktif kelas satu tersebut. Langkah ke-tiga siswa mencoba menggunakan aplikasi kuis interaktif kelas satu secara mandiri. Langkah ke-empat guru memverifikasi pengetahuan siswa tentang materi yang dipelajari melalui diskusi kelas. Langkah ke-lima guru bersama siswa membuat kesimpulan.

Motivasi siswa untuk belajar matematika menjadi meningkat setelah siswa menggunakan kikes untuk kegiatan pembelajaran sehingga hasil belajar siswa juga meningkat. Siswa yang dapat mencapai nilai KKM meningkat menjadi 84% atau 16 siswa. Sedangkan siswa yang nilainya belum mencapai KKM menurun menjadi 16% atau 3 siswa.

Penulis adalah guru di SD Negeri 4 Muryolobo, Kecamatan Nalumsari, Kabupaten Jepara.