blank

SEMARANG – Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) hadirkan secara virtual Ustadz KH Yahya Zainul Ma’arif PhD dalam agenda kajian kepemimpinan, (29/11). Kajian yang dimoderatori langsung oleh Drs Bedjo Santoso MT PhD dihadiri pimpinan fakultas dan universitas.

Sebagai pembukaan Bedjo Santoso mengharap banyak nasihat. “Kami berharap banyak nasihat dari beliau, apa yang harus dikuatkan, apa yang harus dihindari, apa yang harus dilakukan,” ungkap Rektor Unissula tersebut.

Ustadz yang dikenal dengan Buya Yahya tersebut menjelaskan makna kepemimpinan di muka bumi. Menurutnya khalifah di muka bumi dimaknai sebagai pelestari semesta. “Jika kita tangkap dengan adanya kampus inilah untuk menghadirkan hamba-hamba yang bisa melestarikan semesta. Kampus adalah potensi untuk melestarikan semesta. Karena di sana diajarkan berbagai macam keahlian,” jelasnya.

Buya juga mengingatkan bahwa bekerja di kampus merupakan pekerjaan yang besar karena menciptakan generasi pelestari semesta. “Perlu dipahami anda bukanlah pelestari semesta. Anda adalah pencetak generasi pelestari semesta. Anda pangkatnya lebih tinggi lagi. Anda bukan bekerja di masyarakat, anda adalah pencetak generasi yang akan terjun di masyarakat. Maka pekerjaan yang besar ini jangan sampai menjadi kecil hanya karena ambisi yang besar dan keinginan kita yang salah,” pungkasnya.