blank
Penanaman penghijauan dan buah-buahan di pantai Desa Ambalresmi Kecamatan Ambal, Kebumen.(Foto;SB/Ist)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Ambalresmi, Kecamatan Ambal, Kebumen, yang baru terbentuk beberapa waktu lalu sudah melakukan berbagai aktivitas

Salah satunya adalah penataan dan pengembangan tempat wisata di sekitar wilayah pantai selatan Desa Ambalresmi. Sebelumnya mereka sukses menggelar hajat lomba layang-layang. Dari sisi peserta, jenis layang-layang dan hadiah pun tergolong lebih banyak dari pada lomba sejenis di tempat lain.

blank
Ratusan siswa SMPN1 Ambal dan siswa sekolah lain ikut dalam kegiatan penghijauan di Pantai Desa Ambalresmi, Ambal, Kebumen.(Foto;SB/Ist)

Kali ini mereka melakukan penanaman 1.440 batang pohon dari berbagai jenis. Ada jambu biji, kelengkeng, jambu mete, jati, sengon laut, dan bambu. Lokasi penanaman ada di wilayah 300 meter dari bibir Pantai Ambal. Tepatny di sebelah timur lokasi wisata Pantai Desa Ambalresmi.

Gerakan penghijauan itu sekaligus bersama dengan SMP N 1 Ambal merayakan ulang tahun ke-39. Kegiatan ini didukung oleh BPBD Kabupaten Kebumen dan Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Ambal sebagai penyedia tanaman.

“Sangat berterima kasih atas dukungan dari berbagai pihak dengan adanya acara penanaman 1.450 batang penghijauan dan tanaman buah kali ini karena sesuai konsep pengembangan lokasi wisata di Desa Ambalresmi,”terang Ketua Pokdarwis Desa Ambalresmi Ngalamul Futuah MPd.

blank
Ketua Pokdarwis Ngalamul Futuah menyerahkan plakat kepada Kepala SMP N1 Ambal Dra Murilah SPd.(Foto:SB/Ist)

Ngalamul pun berharap bila tanaman penghijauan dan buah itu dirawat dengan baik dan sampai pada waktunya pohon-pohon tersebut besar, penataan lokasi wisata akan semakin lengkap. Ngalamul Futuah juga berkesem;patan menyerahkan plakat pada Kepala SMP N 1 Ambal Dra Murilah SPd

Pihaknya menegaskan, setelah penanam, perawatan pohon-pohon akan dilaksanakan oleh masyarakat Pokdarwis yang dipimpinnya agar bisa tumbuh dan berkembang dengan baik.

Kegiatan penghijauan pantai itu dihadiri Perangakat Desa Ambalresmi, serta ratusan murid  SMP N 1 Ambal, SMP Al-Furqon Ambal, Forkopincam Ambal, Koordinator Disdik Ambal dan Kepala KUA Ambal beserta staf Penyuluhn.

Bahkan sejumlah penggiat relawan kebencanaan Destana Desa Ambalresmi dan Tim PRB Poerbo Negoro, aktivis relawan kebencanaan yang bermarkas di Desa Ambalresmi, ikut pula terlibat dalam penanaman.

Komper Wardopo