blank
Buoati Kebumen Arif Sugiyanto menghadiri pelantikan Pengurus PWI Kebumen dan Purworejo serta memberikan sambutan langsung.(Foto:;SB/Ist)

KEBUMEN (SUARABARU.ID)- Bupati Kebumen Arif Sugiyanto mengajak seluruh wartawan untuk bersama-sama turut membangun dan memajukan daerah. Salah satunya melalui pemberitaan yang positif.

Hal itu ia sampaikan saat menghadiri Pelantikan Kepengurusan Organisasi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kebumen dan PWI Purworejo, di Pendopo Bupati Kebumen, Minggu 28/11. Pelantikan dilakukan langsung oleh Ketua PWI Jawa Tengah Amir Machmud NS. Bahkan Minggu pagi Bupati Arif Sugiyanto sempat menemui Ketua PWI Jateng saat hendak menghadiri acara lain.

Pada kesempatan itu Bupati menyampaikan selamat kepada Kepengurusan PWI Kebumen dan Purworejo yang baru. Ia menilai, sejauh ini wartawan telah bekerja secara profesional dan membantu pemerintah. Ini terbukti dari berita berita yang dihasilkan banyak memiliki dampak positif. Terutama mengenai potensi Kebumen sehingga dikenal masyarakat luas, bahkan nasional.

Konferensi kepengurusan PWI di Kebumen dan Purworejo menunjukkan bahwa organisasi ini tetap eksis dan program kerja berjalan baik. Bupati juga mengakui sinergitas dan keterpaduan pers dan pemerintah selama ini sangat baik. Bahkan wartawan ikut andil membangun daerah dan Kebumen terus menunjukkan kemajuan.

‘’Kemarin tahu dari berita di Kebumen ada Sungai dijadikan layaknya jalan umum, dimana kendaraan setiap harinya melintas. Nah berkat dari wartawan iyang tahu sudut-sudut sempit ini lah kami tahu dan langsung kita cek sehingga bisa kita carikan solusinya. Terima kasih buat teman-teman wartawan,’’ucap Arif Sugiyanto.

Lebih jauh Bupati menyatakan, Kebumen saat ini masih menjadi kabupaten termiskin se Jawa Tengah. Untuk itu, dengan karya pemberitaan dari para wartawan, diharapkan dapat menjadi sumbangsih sekaligus solusi dalam percepatan kemiskinan di Kebumen.

“Kabupaten Kebumen memiliki potensi alam yang luar biasa besar. Ini dapat menjadi modal besar dalam pembangunan Kebumen. Dengan pemberitaan yang positif dan inspiratif saya mengajak para Anggota PWI untuk turut dalam membangun Kebumen,”imbuhnya.

blank
Ketua PWI Provinsi Jateng Amir Machmud menyampaikan sambutan usai melantik pengurus PWI Kebumen dan Purworejo.(Foto:SB/Ist)

Berharap Pemkab Bisa Fasilitasi UKW

Sementara itu, Ketua PWI Jawa Tengah Amir Machmud menyampaikan 3 hal penting yang harus dipahami wartawan. Dintaranya yaitu profesional, kemartabatan dan eksistensi. Ketiganya merupakan hal yang saling terkait dan tidak bisa terlepas satu sama lain.

‘’Informasi haruslah memiliki tujuan yang jelas, bisa dipertanggungjawabkan dan narasumbernya juga harus yang kompetensehingga publik percaya terhadap berita yang disajikan,’’ujarnya.

Di sisi lain Amir juga mengatakan pentingnya wartawan mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW). Menurutnya ini sebagai bentuk profesionalitas bagi seorang pencari berita. Terlebih profesi wartawan sendiri dikenal sebagai Pilar ke 4 demokrasi. Terkait dengan UKW pihaknya juga berharap pemerintah dapat turut memfasilitasinya.

‘’UKW penting bagi wartawan, karna dengan ini sebagai ukuran wartawan sudah kompeten atau belum. Saya berharap Pemerintah nanti bisa menfasilitasinya melalui anggarannya,’’ucapnya.

Dengan UKW, wartawan dapat memberikan ketenangan bagi narasumber. Karena legalitas yang telah dimiliki telah diakui dan teruji.

Adapun Wartawan yang baru dilantik sebagai ketua PWI Kebumen Periode 2021-2024, yakni  Supriyanto dari Suara Merdeka. Ia menggantikan Ketua sebelumnya, Bagus Sukmawan dari Kedaulatan Rakyat, setelah sebelumnya digelar kegiatan Konferensi Kabupaten. Sedangkan Ketua PWI Purworejo yang baru dipimpin Aris Himawan dari Suara Merdeka.

Turut hadir Asisten 3 Sekda Purworejo Pram Prasetyo, Jajaran Forkopimda, dan perwakilan BUMD Kebumen, Ketua RMI Kebumen Gus Fachrudin Achmad An-Nawawi, Ketua Himpunan Ikatan Pengusaha Muda Indonesia Kebumen Herwin Kunadi, serta sejumlah tokoh masyarakat.

Komper Wardopo

Berikut sususan Kepengurusan PWI Kebumen periode 2021-2024

Penasihat:

1 Komper Wardopo (Suarabaru.id)

  1. Nanang Widi Hartono (Koranbernas.id)
  2. Bagus Sukmawan (Kedaulatan Rakyat)

Ketua

Supriyanto (Suara Merdeka)

Wakil Ketua

Moh Tohri (LPPL Ratih TV)

Sekretaris Farhan Marzuki (RRI Purwokerto), Arta Aditya (LPPL In FM)

Bendahara Saefurrohman (Kebumen Ekspres), Albar Subhan (Obsesion News Wakil Bendahara)

Seksi Organisasi dan Pendidikan Imam Wahyudi (Kebumen Ekspres) dan Imam Wahyudi Sukma (LPPL In FM)

Seksi Advokasi Hukum Arif Widodo (Suara Merdeka), Paryanto (Banyumas TV),M Hafid (Radar Kebumen).

Seksi Seni Budaya Syarif Hidayat (Sorot.co), Pricillia Ismawati (BanyumasPos), Sudarno Ahmad (Inikebumen.net)

Seksi Kesejahteraa dan Kerja Sama Wahyu Kurniawan (TV One), Firman (Radio Bimasakti FM)

Seksi Wartawa Olah Raga (SIWO) Cahyo Kuncoro (Kebumen Ekspres), Imam Nurdiansyah (Kebumen24.com)