blank
Anggota Muslimat NU melakukan pengobatan gratis, hari ini. Foto: ist

KOTA MUNGKID(SUARABARU.ID)-Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional, organisasi Muslimat Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten Magelang bekerja sama dengan RSU Syubbanul Wathon Tegalrejo mengadakan bakti sosial pengobatan gratis di Graha Kartika Nawa, komplek kantor PC NU Jalan Raya Magelang-Jogja, Mungkid, Kabupaten Magelang, Minggu 28 November 2021.

Ketua PC Muslimat NU Kabupaten Magelang, Dra Hj Noor Istiqomah, menuturkan, Muslimat NU merupakan badan otonom NU. Salah satu organisasi perempuan yang bergerak dalam bidang sosial, keagamaan, pendidikan usia dini dan kesejahteraan. Maka harus peka dan peduli terhadap persoalan kesehatan masyarakat.

Setelah pandemi Covid-19 semakin menurun, kata dia, kita tidak boleh lengah. Harus tetap waspada dan selalu meningkatkan kepedulian pada pentingnya kesehatan masyarakat. Dengan baksos pengobatan gratis itu dia berharap warga Muslimat terus meningkat kesadarannya dalam menjaga kesehatan.Maka dalam baksos juga melakukan edukasi kesehatan kepada warga dan pengurus Muslimat.

“Agar membiasakan pola hidup yang sehat,” kata Dra Hj Noor Istiqomah.

Sementara Drs H Suwarsa mewakili Tim Pengabdian Masyarakat RSU Syubbanul Wathon, Tegalrejo, mengatakan, Muslimat NU adalah gerakan perempuan yang mempunyai jaringan pengurus yang mengakar sampai di tingkat kelompok anak ranting, dusun, RW. Potensi itu merupakan jaringan yang sangat strategis ketika kader-kader Muslimat NU menjadi pioner dan pelopor gerakan kesehatan masyarakat. Gerakan muslimat selama ini telah banyak dirasakan manfaatnya oleh masyarakat dalam berbagai bidang.

Salah satunya bidang pendidikan anak usia dini (PAUD) dan TK, lembaga pendidikan Roudlotul Atfal (RA) Masyithoh yang jumlahnya ratusan di Kabupaten Magelang dan dikelola oleh Muslimat NU. Itu merupakan bukti kepedulian Muslimat NU dalam soal pendidikan usia dini.

“Maka ketika hari ini melakukan gerakan kepedulian terhadap kesehatan masyarakat patut diapresiasi dan berharap Muslimat NU bisa menjadi pelopor gerakan kesehatan masyarakat,” harap Suwarsa.

Bakti sosial pengobatan gratis kali ini sasaranya adalah Pengurus PC Muslimat NU dan perwakilan Pengurus Anak Cabang Muslimat NU se- Kabupaten Magelang.
Hadir dalam acara itu 109 orang pengurus Muslimat.

Adapun bentuk kegiatan baksos meliputi pemeriksaan kesehatan cek kolestrol, gula darah, kadar asam urat, juga konsultasi dokter. Ada pula pembagian obat secara gratis dan edukasi kesehatan.

Hadir Tim Medis dari RSU Syubbanul Wathon, dokter Iratiara M Panjaitan, dan dokter R Ardita Gunadarma. Dibantu dua orang perawat, seorang analis, tiga orang tim farmasi dan sejumlah petugas yang membantu proses pengobatan. Mulai dari registrasi pasien, pemeriksaan dokter, sampai pemberian obat yang diperlukan.

Sementara dari jajaran PC Muslimat NU Kabupaten Magelang hadir Dra Hj Noor Istiqomah, Nyai Mu’minatin SPd (sekretaris), Nyai Ovilana dan segenap jajaran pengurus Muslimat. Baik pengurus cabang maupun perwakilan 21 Anak Cabang Muslimat se- Kabupaten Magelang.

Eko Priyono