blank
Warga bergotong royong menyingkirkan tanah longsor. Foto: eko

KOTA MUNGKID(SUARABARU.ID)-Hujan lebat pada sore kemarin mengakibatkan tebing setinggi 15 meter di Dusun Simpir Gunung, Ngendrokilo, Kaliangkrik, Kabupaten Magelang longsor, Kamis (25/11).

Material longsor berupa tanah dan rumpun bambu menutup akses jalan dari Dusun Simpir Gunung ke Dusun Wanadri dan menuju jalan utama desa.

Mendapat informasi terjadinya longsor, Pelda Isroi selaku anggota Koramil 02/Kaliangkrik berkoordinasi dengan pihak desa untuk melaksanakan kerja bakti menyingkirkan longsoran. “Sebagai Babinsa sekaligus aparat kewilayahan saya akan selalu memantau perkembangan situasi wilayah binaan,” katanya.

Dia menambahkan, kegiatan kerja bakti yang dilakukan hari ini menyingkirkan longsoran tanah dan rumpun bambu. Kegiatan itu melibatkan warga dan relawan Desa Ngendrokilo.

Di sisi lain dia berpesan kepada warga agar lebih waspada terutama saat curah hujan tinggi. Apabila terjadi bencana tanah longsor maupun bencana lain sekecil apa pun, agar segera melaporkan dan berkoordinasi dengan pemerintah desa setempat.

“Kami ingatkan kepada warga agar lebih berhati-hati saat melintasi jalan di dekat tebing, karena sewaktu-waktu tebing bisa longsor lagi,” katanya.

Eko Priyono