Jangan Salahkan Anak Didik

Guru idaman tidak seharusnya segera menyalahkan anak didiknya. Dalam hal ini guru harus mampu memilah dan memilih mana yang benar dan salah, tidak serta merta langsung menyalahkan anak didiknya.

Jika terjadi kesalahan, kekurangan, atau bahakn kekagalan dalam proses belajar mengajar, hal yang harus dilakukan seorang guru idaman adalah tidak segera menyalahkan anak didiknya.

Seorang guru yang di idamkan anak didik adalah seorang guru yang menyenangi aktivitas mendidik dan mengajar. Rasa senang yang dimiliki seorang guru dalam mengajar terpancar dalam semangatnya ketika mengajar.

Jika seorang guru mengajar dengan semangat yang terpancar tulus dalam dirinya, maka anak didik akan terbawa dengan semangatnya sehingga proses belajar mengajar akan menjadi proses belajar mengajar yang menyenangkan dan penuh semangat.

Oleh karena itu seorang guru harus membangun rasa cinta akan profesinya sebagai guru. Hal ini harus di lakukan jika seorang guru ingin menjadi guru idaman bagi anak didik, sehingga sukses dalam mengelola proses belajar mengajar.

Sebelum mengakhiri pembahasan guru idaman atau guru yang dicintai anak didik ini, ada satu hal yang penting yang perlu disampaikan, yaitu memberikan yang terbaik sepenuh cinta. Inilah kunci sukses semua aktivitas yang dilakukan oleh seorang guru.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seorang guru agar dapat memberikan yang terbaik untuk anak didiknya. Yaitu dengan menyiapkan materi dan metode pembelajaran dengan baik, serta membangun kepercayaan diri dan menjaga cinta kepada anak didiknya. Selamat hari guru bagi para guru dan orang tua di Indonesia.

Nila Ubaidah, S.Pd., M. Pd. Dosen Prodi Pendidikan Matematika Unissula Semarang