Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elistianto Dardak dan Arumi Bachsin sebagai Ketua Dekranasda menyampaikan materi Media Sosial dan Branding Produk. Foto: Ist

SURAKARTA (SUARABARU.ID) – Regional Indonesia Timur Subholding Upstream Pertamina memperkuat relasi dengan pers melalui kegiatan Media Gathering area Jawa Timur, Selasa – Rabu, 23 hingga 24 November 2021.  Acara tersebut dilaksanakan di Kota Solo, tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Media Gathering ini dihadiri sejumlah 80-an wartawan berbagai media yang berasal dari beberapa daerah, yaitu Bojonegoro, Tuban, Rembang, dan Kabupaten Blora. Para wartawan disambut langsung oleh Muhammad Arifin, General Manager Zona 11. Arifin menyampaikan ucapan terima kasih kepada rekan media atas kerja sama yang dilakukan.

Acara yang bertema Gali Peluang Menjadi Uang “Strategi Gali Potensi Pemasaran Digital” ini menghadirkan Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elistianto Dardak dan istrinya Arumi Bachsin sebagai Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda).

Wakil Gubernur Emil Elestianto Dardak menyampaikan mengenai betapa pentingnya konten media yang disajikan untuk menentukan seberapa populer postingan yang kita berikan.

“Judul dari suatu konten dan juga strategi untuk penyebaran informasi itu menjadi hal yang penting dalam suatu pemberitaan,” kata Wakil Gubernur Jawa Timur.

Menurut Emil, penggunaan media digital sebagai sarana berkomunikasi dengan masyarakat adalah sebuah keniscayaan. Mengomunikasikan sebuah program kepada publik melalui media digital, dalam hal ini media sosial, tidak akan efektif sebagai pencitraan, jika di lapangan program tersebut tidak bisa dieksekusi.

“Kita sekarang ini hidup di ruang kaca. Semua orang bisa melihat apa yang dilakukan pejabat publik,” kata Emil. Itulah mengapa di akun pribadi seorang pemimpin publik mau tidak mau harus bisa memadukan kegiatan dalam kapasitas pribadi dan institusi.

Masyarakat tentu ingin tahu kehidupan pribadi seorang pejabat publik. Namun porsi aktivitas pribadi dan keluarga tidak boleh lebih banyak daripada porsi kegiatan sebagai pejabat, imbuhnya.