blank
Penyerang Manchester City Gabriel Jesus (kanan) melakukan selebrasi bersama rekan-rekannya seusai mencetak gol ke gawang Paris Saint-Germain dalam pertandingan Grup A Liga Champions di Stadion Etihad, Manchester, Inggris, Rabu (24/11/2021) waktu setempat.

JAKARTA (SUARABARU.ID) – Manchester City membekuk Paris Saint-Germain 2-1 dalam laga lanjutan Grup A Liga Champions di Stadion Etihad, Inggris, Rabu waktu setempat (Kamis WIB), tetapi kedua tim ini tetap lolos ke babak 16 besar.

Kelolosan kedua tim tidak lepas dari hasil pertandingan Grup A lainnya di Belgia, ketika RB Leipzig mencukur habis tuan rumah Club Brugge 5-0.

Dengan hasil-hasil itu, City mengunci posisi juara Grup A dengan koleksi sementara 12 poin dan lolos ke babak 16 besar didampingi PSG (8) yang pasti finis di urutan kedua.

Sedangkan Leipzig meninggalkan posisi juru kunci dengan raihan bertukar tempat dengan Brugge berbekal keunggulan agregat head-to-head, kendati keduanya sama-sama mengoleksi empat poin, demikian catatan laman resmi UEFA.

Di Etihad, Riyad Mahrez menjadi kreator utama serangan City namun hingga turun minum skor kacamata tak berubah.

Lebih banyak tertekan di babak pertama, PSG justru mencuri keunggulan lima menit babak kedua berjalan melalui kesigapan Kylian Mbappe memanfaatkan bola liar hasil umpan silang Lionel Messi.

Gol itu tak mematahkan semangat para pemain tuan rumah, yang mampu menyamakan kedudukan pada menit ke-63 melalui sontekan sederhana Raheem Sterling menyelesaikan umpan silang voli Rodri Hernandez di muka gawang.

City terus menekan dan nyaris berbalik unggul tapi tembakan Gabriel Jesus pada menit ke-70 bisa dimentahkan kiper Keylor Navas ke atas mistar gawang, sebaliknya empat menit kemudian Neymar membuang sia-sia situasi satu lawan satu menghadapi kiper Ederson Moraes dengan penyelesaian yang sangat buruk.

Upaya City untuk berbalik memimpin akhirnya membuahkan hasil pada menit ke-76 saat umpan silang Mahrez diteruskan oleh Bernardo Silva demi diselesaikan secara sempurna oleh Jesus untuk membuat kedudukan jadi 2-1.

PSG kesulitan untuk bangkit dan harus rela untuk pulang dari Etihad dengan tangan hampa, kecuali kelolosan mereka ke babak 16 besar.
Leipzig menang pertama

Dalam pertandingan lain di Stadion Jan Breydel, Leipzig akhirnya membukukan kemenangan pertama di Liga Champions musim ini dengan melumat tuan rumah Brugge 5-0.

Tak sampai setengah jam pertandingan berjalan, Christopher Nkunku, Emil Forsberg dan Andre Silva sudah bergantian menjebol gawang Brugge.

Leipzig memimpin dengan skor meyakinkan 4-0 saat turun minum berkat gol kedua yang dicetak oleh Forsberg yang melakukan tusukan dari sisi kiri sebelum memperdaya kiper Simon Mignolet.

Di babak kedua Mignolet terus dibuat sibuk untuk mengamankan gawang Brugge termasuk lewat dua penyelamatan beruntun mementahkan tembakan Andre Silva.

Namun, Mignolet dipaksa memungut bola dari dalam gawangnya lagi pada menit ketiga injury time saat Nkunku mencetak gol keduanya dan melengkapi kemenangan Leipzig jadi 5-0.

Kemenangan ini membuka asa Leipzig untuk mendapatkan tiket lungsuran ke babak gugur Liga Europa, bila mereka bisa finis di posisi ketiga klasemen akhir Grup A.

Rangkaian pertandingan terakhir Grup A dijadwalkan berlangsung pada 7 November saat Leipzig menjamu City di Red Bull Arena dan Brugge bertandang ke Parc des Princes menghadapi PSG.

Ant/Muha