blank
Para juara sedang menerima penghargaan. Foto: USM

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Universitas Semarang (USM) berhasil menyabet juara tiga pada ajang expo Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) XII 2021 sub kategori makanan dan minuman yang di gelar di Universitas Brawijaya Malang pada 17-19 November.

Kegiatan ini diikuti 281 tim yang hadir secara offline dan 266 secara online dari 100 Perguruan tinggi lebih yang lolos dan bekompetisi di kampus Universitas Brawijaya Malang.

USM mengirimkan empat tim pada ajang KMI 2021, mahasiswa yang lolos pada ajang ini adalah mahasiswa yang telah terjun dalam dunia usaha  antara lain adalah Amelia Diaz Dwi Rahayu dengan Rumah Pisang Blora, Berlian Resa Rama Ismanto dengan usaha Kharisma Clothing, Yunika Rosari dengan usaha Budi Daya Ikan Bandeng dan Udang Vaname Maju Mapan 5758, dan  Pajar Danu Ikhsanto Putro dengan Omah Limbah.

Rumah pisang Blora berhasil menyabet juara tiga KMI award kategori umum sub kategori makanan dan minuman, Rumah Pisang Blora adalah usaha pengolahan yang berbahan dasar pisang.

Produk andalannya yang diikutsertakan di KMI award adalah Keripik Gedebog Pisang. Usaha ini dimulai saat awal pandemi  dan sekarang produk Keripik Gedebog Pisang diproduksi sekitar 1.000 sampai 2.000 pack per hari dan sudah tersedia di minimarket-minimarket di Kota Blora dan sudah proses sertifikasi Halal.

Wakil Rektor III USM Dr Muhammad Junaidi MH mengatakan bahwa KMI merupakan ajang bergengsi pada kontribusi mahasiswa dibidang kewirausahaan.

“Diraihnya juara 3 ini merupakan salah satu capain besar bagi USM yang hampir sejajar dengan UGM yang sama-sama mendapatkan juara pada kategori makanan dan minuman, dan kami bangga produk dari mahasiswa USM dari gedebok pisang ini sudah dipasarkan ke berbbagai daerah bahkan sampai ke Jepang,” ungkap Junaidi.

“Harapan kami prestasi ini bisa menjadi motivasi bagi mahasiswa USM untuk meningkatkan produk-produk keirausahaan yang akan di ekspos pada ajang KMI berikutnya,” tambahnya.

Ia menambahkan USM akan memberikan reward bagi mahasiswa berprestasi yang telah mengharumkan almamater dan pada ajang tersebut.

USM