blank
Pembalap asal Kabupaten Magelang, Yohanes Tifan, memperoleh ucapan selamat dari panitia. Foto: eko

KOTA MUNGKID(SUARABARU.ID)-Pembalap dari Federasi Olahraga Balap Motor (FOBM) Kabupaten Magelang meraih enam piala Pekan Olahraga (POR) Dulongmas, kemarin. Roadrace se eks-Karesidenan Kedu, Pekalongan, Banyumas (Dulongmas) itu digelar di Sirkuit Sidotopo, depan Rumah Sakit Tentara (RST) Magelang.

Sekretaris FOBM Kabupaten Magelang, Sahal, menginformasikan, total ada enam piala yang didapat pembalap FOBM Kabupaten Magelang. Dari enam piala ituYohanes Tifan memperoleh tiga piala. Dia juara dua bebek 2 Tak std 125cc lokal, juara tiga sport 2 Tak std bobok lokal kota-kabupaten) Magelang dan juara lima sport 2 Tak std bobok 135cc lokal Jateng.

Selain itu Jojon Ari Mandiri juga menyabet tiga piala. Dia juara lima kelas underbone 116cc open, juara empat sport 2t tune up140cc open, dan juara dua sport 2t std bobok 135cc lokal Jateng.

Di balik kesuksesan itu ada satu pembalap yang mengalami kecelakaan serius. Dia adalah Agus Triyono. Pria itu sempat pingsan selama dua jam dan sampai saat ini masih dalam perawatan.

Sahal menambahkan, untuk dana pembiayaan mengikuti event tersebut dari iuran pengurus FOBM Kabupaten Magelang dan ada sedikit dari sponsor. Untuk keperluan sewa motor pun cukup besar. Empat motor dengan harga sewa Rp 5 juta/motor. Dengan demikian untuk menyewa empat motor saja butuh dana Rp 20 juta, belum termasuk biaya lain.

Ada sekitar 275 pembalap mengikuti kualifikasi POR Dulongmas itu. Roadrace se eks-Karesidenan Kedu, Pekalongan, Banyumas itu digelar di Sirkuit Sidotopo, depan Rumah Sakit Tentara (RST) Magelang, Sabtu dan Minggu kemarin.

Dulongmas Roadrace Championship 2021 itu memperlombakan 20 kelas. Pesertanya pembalap dari eks- Karesidenan Kedu, Pekalongan, Banyumas, ada juga peserta dari daerah lain.

Adapun kelas yang diperlombakan adalah Bebek 2 Tak std 135 cc open, Underbone 116 cc open, Sport 2T tune up 140 cc open, Matic std 130 cc open, matic std 130 cc wanita open.

Lalu kelas bebek 2T std 125 cc pemula, bebek 4T tune up 150 cc pemula, bebek 4T standar 150 cc ecu std (maksimal 14 tahun), bebek 4T tune up mix 130 cc pemula, Vespa 2T tune up 170 cc pemula.

Bebek 4T tune up 130 cc mix lokal Jateng, sport 2 T std bobog 135 cc lokal Jateng, bebek 2T std 116 cc eks Karesidenan Dulongmas, bebek 4T tune up 130 cc eks Karesidenan Dulongmas, sport 2T std bobog 135 cc Dulongmas.

Bebek 2T std 125 cc lokal Kota/Kabupaten Magelang, sport 2T std bobog 135 cc lokal Kota/Kabupaten Magelang, sport 2T std bobog 135 cc lokal Kota/Kabupaten Magelang, bebek 2T std 125 cc ex Rider, mini GP 4-8 tahun dan mini GP 9-11 tahun

Ketua Federasi Olahraga Balap Motor (FOBM) Kabupaten Magelang, Darwanto, mengatakan, di daerah itu sebetulnya
banyak pembalap. Tetapi hanya diambil lima pembalap untuk ikut di event tersebut. Itu berdasarkan hasil seleksi.

Dari lima pembalap itu mengikuti lebih dari lima kelas. Berakibat kekurangan sepeda motor untuk balapan. Akibat kekurangan persediaan sepeda motor, akhirnya menyewa.

Eko Priyono