blank
Para Ketua KONI se-Eks Karesidenan Kedu dan Banyumas, berfoto bersama Plt Ketua KONI Jateng, Bona Ventura Sulistiana, seusai pelantikan KONI Purworejo di Purworejo, beberapa waktu lalu. Foto: dok/ist

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Para Ketua KONI Kabupaten/Kota se-Eks Karesidenan Kedu dan Banyumas, usung Plt Ketua KONI Jawa Tengah, Bona Ventura Sulistiana, untuk maju dalam pencalonan Ketua KONI Jateng Periode 2021-2025.

Seperti yang sudah dijadwalkan semula, KONI Jateng memang akan menggelar Musyawarah Provinsi (Musprov), pada Desember mendatang. Agenda utama dalam Musprov yakni, memilih Ketua KONI Jateng yang baru, setelah wafatnya ketua lama Soebroto, beberapa waktu lalu.

”Kami sepakat bulat, KONI se-Banyumas Raya mendukung Bona Ventura maju ke pencalonan Ketua KONI Jateng 2021-2025. Kebetulan Cilacap dan Banjarnegara tidak hadir di sini, tetapi mereka sudah menitipkan pesan kepada saya,” kata Ketua KONI Banyumas, Bambang Setiawan dalam keterangannya, usai pertemuannya dengan para Ketua KONI di wilayah Banyumas dan Kedu, di Purworejo, belum lama ini.

BACA JUGA: Kasad Dudung Abdurachman Pimpin Prosesi Pemakaman Sertu Ari Baskoro

Dalam pertemuan itu hadir Ketua KONI Purbalingga Eko Susilo, Ali Sungkar (Kota Magelang), Eko Karyanto (Kabupaten Magelang), Tomy Eko (Temanggung), Kozin (Wonosobo), Sriyanto (Kebumen) dan tuan rumah Sumaryanto (Purworejo).

Pernyataan Bambang Setiawan ini langsung diamini dan diperkuat Ali Sungkar. Dia menyebut, Bona memang layak memimpin KONI Jateng pada periode mendatang.

”Kenapa harus Bona? Ada dua faktor utama, yakni dukungan gubernur itu penting. Sejauh ini kami melihat hubungan Pak Bona dengan gubernur baik. Kedua adalah visi-misinya,” jelas Ali Sungkar.

BACA JUGA: Tragis, Suami Tusuk Istri hingga Tewas di Tegal

Lebih lanjut Bambang mengungkapkan, dukungan yang diberikan kepada Bona adalah atas inisiatif dari KONI se-Kedu dan Banyumas. Pihaknya tidak menerima pesan atau permohonan dari pihak tertentu.

”Terus terang kami memanfaatkan momen pelantikan pengurus KONI Purworejo untuk bertemu. Maka dalam situasi ini, terus terang kami memaksa Mas Bona untuk maju. Sebab selama ini beliau diam saja, padahal waktu penyelenggaraan sudah makin dekat,” imbuh Bambang.

Dia juga mengaku bersyukur, karena KONI Kedu dan Banyumas sepakat 100 persen. ”KONI Kabupaten Banjarnegara karena harus menyambut Komisi X DPR RI, maka absen dalam pertemuan ini, tetapi sepakat mendukung Bona,” tutur Bambang lagi.

BACA JUGA: Wujud Dukungan Pemkab, Kodim 0719/Jepara Terima Hibah Kendaraan

Sementara itu, Bona membenarkan ketika dikonfirmasi tentang dukungan perwakilan Kedu dan Banyumas, untuk pencalonannya sebagai Ketua KONI Jateng.

”Karena dukungannya begitu besar, sehingga kami anggap itu sebagai amanat kepada saya. Maka di hadapan para Ketua KONI Kedu dan Banyumas, saya nyatakan siap untuk mencalonkan diri pada Musprov mendatang,” ungkap Bona.

Diungkapkan dia, sebenarnya dorongan kepada dirinya untuk maju ke pencalonan sudah sejak lama, khususnya saat Rapat Koordinasi KONI Kab/Kota se-Dulongmas, di Banjanegara, pada 17-18 September 2021 lalu. Ketika itu, Ketua KONI Banjarnegara Nurochman, dalam sambutannya meminta ketegasan dirinya mencalonkan diri atau tidak.

BACA JUGA: Kabupaten Wonosobo Juara Umum Festival Tunas Bahasa Ibu

”Ketika itu, saya belum memberikan jawaban tegas. Sebab saya harus fokus menyiapkan kontingen ke PON XX/Papua. Saya tidak mau terpecah konsentrasinya,” ujarnya.

Nurochman yang dikonfirmasi pun, juga menyatakan dirinya bersama 16 KONI Kab/Kota se-Dulongmas (Kedu, Pekalongan dan Banyumas), memang meminta Bona untuk maju.

”Ketika itu, walaupun Pak Bona belum menyatakan maju, kami bersama 16 KONI lainnya sudah sepakat untuk tetap mendukung beliau,” ungkapnya.

Kini Nurochman merasa lega, karena sudah mendengar kabar bahwa Bona sudah menyatakan diri maju, meskipun belum dideklarasikan secara resmi.

Riyan