blank

SRAGEN  (SUARABARU.ID) :
Bank Jateng terus memberikan kemudahan salah satunya dengan menerapkan program perekaman data otentik berbasis biometric (enrollment) bagi nasabah pensiunan dalam rangka implementasi digitalisasi pelayanan pembayaran dana pensiun Taspen.

“Ini merupakan salah satu wujud layanan Bank Jateng kepada para pensiunan yang sudah memasuki masa purna, khususnya yang berada di wilayah sragen,” kata Retno Tri Wulandari selaku Pemimpin Bank Jateng Kantor Cabang Sragen, (18-11-2021)

Retno menjelaskan dengan adanya enrollment yang diawali dengan perekaman data biometrik wajah, sidik jari, dan perekaman suara, para penerima pensiun nantinya tidak perlu lagi mengantri di kantor bayar untuk melakukan pelaporan atau absen secara periodik ataupun dalam pengambilan uang pensiun.

“Apabila telah melakukan enrollment maka absen online dilakukan secara mandiri. Caranya dengan mengunduh aplikasi Taspen Otentikasi di playstore yang sudah di sediakan dari PT Taspen,” katanya.

Untuk caranya yakni melalui handphone berbasis android, mengunduh aplikasi Taspen Otentifikasi dari playstore, login dengan memasukkan nomor Taspen, ikuti pentunjuk yang ada pada aplikasi, setelah berhasil ditandi dengan centang hijau.

“Periode absen online dilakukan bagi para pensiunan. Untuk pensiunan setiap 3 bulan sekali dan pensiunan janda/duda setiap 2 bulan sekali,” katanya.

Retno mengaku pihaknya terus melakukan edukasi mengenai hal tersebut secara virtual dan berharap bagi para ASN di wilayah Sragen yang akan memasuki masa Purna untuk menikmati fasilitas layanan Bank Jateng yaitu pengurusan ke Taspen tanpa harus datang ke kantor Taspen.

“Tinggal Whatsapp petugas untuk diberikan panduan, dan tentunya pengurusan sampai dengan turunnya Gaji Pensiun & THT Taspen, gratis tanpa dipungut biaya,” kata Retno.

Per tahun 2021 PT Taspen sudah tidak lagi mengeluarkan Kartu Identitas Pensiun (Karip) dan gantinya para penerima pensiun mendapat smart card yang berfungsi sebagai Karip, Kartu ATM yang memudahkan para penerima pensiun dalam pengambilan uang langsung melalui anjungan tunai mandiri (ATM) dengan mudah.

Absen taspen online di era pandemi saat ini sangat efektif, seperti yang disampaikan Suyatmi (60) bahwa dirinya kini bisa memanfaatkan hp adroidnya untuk untuk absen.

Yos, Ketua Tim Pemasar Bank Jateng Sragen mengatakan, Enrollment yang diadakan minggu ke 3 Bulan NoVember dan dalam pelaksanaan pelayanan enrollment antusias dari para pensiun luar biasa.

“Target kami per hari bisa melayani sampai dengan 100 pensiunan dengan prokes yang ketat,” kata Yos.

Bank Jateng