blank
Pengurus Peradi Blora-Rembang Bersama Bupati, Wakil Bupati dan Forkopimda. Foto: Ist

BLORA (SUARABARU.ID) – Bupati Blora H. Arief Rohman, S.IP, M.Si Pemkab Blora berkeinginan untuk berkolaborasi dengan Peradi. Pasalnya, para advokat memiliki peran penting kaitannya dengan penegakan hukum di Blora.

Hal itu disampaikan Bupati Blora Arief Rohman saat menghadiri pelantikan pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) Blora – Rembang periode 2021-2026 di Gedung Graha Larasati, Blora, Jumat malam.

Pelantikan tersebut dihadiri oleh Wakil Bupati Blora Tri Yuli Setyowati,Wakil Ketua Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Peradi, Dr. Achiel Suyanto, SH, MH, MBA, Forkopimda Blora, Koordinator Wilayah Peradi Jawa Tengah, dan Ketua DPC Peradi dari wilayah sekitar.

Ketua DPC Peradi Blora terpilih pada masa jabatan 2021-2026 adalah Zainudin, SH, MH, kemudian dilantik kepengurusannya.

Bupati Blora menyampaikan ucapan selamat atas dilantiknya pengurus DPC Peradi Blora-Rembang.

“Saya merasa senang malam hari ini bisa hadir disini, saya ucapkan selamat atas nama Pemerintah Kabupaten Blora pada pengurus Peradi Blora-Rembang yang sudah dilantik tadi,” terang Bupati.

Bupati Arief menambahkan, pemerintah akan segera melakukan tindak lanjut kerjasama dengan Peradi terkait dengan bantuan hukum untuk orang tidak mampu.

Pihaknya juga meminta Bagian Hukum Setda Blora untuk segera melakukan follow up kerja sama. “Tadi Pak Ketua Zainudin menyampaikan kita ada Perda soal bantuan hukum untuk orang tidak mampu, tolong nanti segera di-follow up format kerjasama seperti apa yang bisa kita lakukan,” ucap Bupati.

Ditambahkannya, tentu dengan bersinergi bersama berbagai pihak lain seperti kepolisian dan kejaksaan.

“Sinergi ini tentunya diharapkan mampu agar Blora ini akan menjadi baik, kondusif, dengan bergandengan tangan antara Pemerintah dengan Peradi dan pihak terkait,” kata Bupati.

Kemudian, Bupati juga menyampaikan apresiasinya atas peran Peradi dalam ikut serta membangun Kabupaten Blora.

“Kami mengucapkan terimakasih atas sumbangsihnya selama ini dari teman teman Peradi dalam ikut membangun Kabupaten Blora,” kata Bupati.

Sementara itu Wakil Ketua DPN Peradi juga menyampaikan atas dilantiknya pengurus DPC Peradi Blora-Rembang.

“Atas nama dewan pimpinan nasional saya menyampaikan selamat atas dilantiknya rekan sekalian menjadi pengurus DPC Peradi Blora- Rembang masa bakti 2021-2026,” ungkapnya.

Selain itu, pihaknya juga memberikan beberapa saran kepada pengurus DPC Peradi yang baru saja dilantik.

Seperti halnya agar segera membentuk pusat bantuan hukum dan komisi pengawas advokat Indonesia. Juga terkait kerjasama dengan Pemkab Blora.

“Dalam rangka menjalankan praktik pro bono segera dibuat MoU antara DPC Peradi Blora dan Rembang dengan (Pemerintah) Kabupaten Blora,”  terangnya.

Ketua DPC Peradi Blora-Rembang Zainudin, SH, MH mengatakan, dengan dilantiknya para pengurus ini menjadi awal dalam pelaksanaan tugas pembelaan hukum. Termasuk dalam rangka bantuan hukum bagi masyarakat.

”Ini adalah awal, ini adalah pejuang-pejuang hukum yang telah dilantik oleh DPN dan bersedia untuk melaksanakan tugas pembelaan hukum, membela masyarakat tidak mampu dalam rangka pro bono atau bantuan hukum kepada masyarakat wilayah Blora dan Rembang,” papar Zainudin.

Dikatakannya, salah satu kewajiban dari advokat adalah juga melaksanakan tugas pro bono.

“Kita mempunyai kewajiban sebagai advokat yaitu melaksanakan tugas pro bono yang harus dilakukan setiap advokat dalam rangka untuk memberikan bantuan hukum pada masyarakat tidak mampu,” ucapnya.

Pihaknya juga meminta dukungan dan doa agar para pengurus yang telah dilantik ini dapat melaksanakan tugasnya dengan baik.

“Mudah-mudahan atas doa bapak ibu semua kita nanti bisa melaksanakan tugas dengan baik dan sukses dan bisa bermanfaat pada masyarakat Blora dan Rembang,” ujarnya.

Pelantikan tersebut turut disaksikan secara virtual melalui zoom meeting oleh Ketua DPN Peradi Prof. Dr. Otto Hasibuan, SH, MM yang pada kesempatan tersebut juga turut memberikan sambutan pengarahan kepada pengurus yang dilantik.

Kudnadi.