blank
Chef Made menyajikan menu masakan ikan Arwana. Foto: eko

MAGELANG(SUARABARU.ID)-Arwana dikenal sebagai ikan hias langka dan harganya sangat fantastis. Di Langgeng Cafe, Kota Magelang, ikan Arwana jenis Brazilia Silver dihidangkan sebagai menu spesial.

Soft Opening Langgeng Cafe Magelang (LGM) dilakukan Kamis malam (18/11). Meski diwarnai gerimis hujan, rangkaian acaranya berjalan dengan lancar. Acara itu dihadiri sejumlah pengusaha dan pejabat jajaran Kota Magelang.

Langgeng Cafe Magelang Arwana yang terletak di Taman Wisata Kyai Langgeng Magelang itu menyajikan makanan khas ikan Arwana Brazilia Silver. Persediaan ikannya didukung peternak ikan Arwana Sodiq asal Muntilan, Kabupaten Magelang. Juga ditopang petani milenial sayuran premium Asparagus.

Tak hanya menu ikan Arwana, di cafe itu juga menyediakan menu lain. Seperti mangut ikan Kakap. Juga ada ayam goreng.

Selain itu, kafe tersebut juga menyediakan berbagai fasilitas wisata modern nuansa hutan di tengah kota.

Saat launching tadi malam, juru masaknya Made dari Bali dan Purnomo. “Saat ini menu ikan Arwana baru ada di Riau dan Magelang. Di Riau hanya digoreng, di sini bumbu nusantara,” jelas juru masak Made.

Managemen cafe, Marwinto SBS SE dan Agus Susanta SE menyatakan, masakan ikan Arwana yang disajikan itu bukanlah ikan yang dilindungi negara. Melainkan jenis ikan yang tidak lagi tergolong langka. Kini sudah dibudidayakan.

Dulu, jelas Agus, ikan Arwana dikenal sebagai menu spesial makanan khas bagi raja-raja, namun kini jadi menu spesial. Menunya bisa dinikmati pecinta kuliner di Langgeng Cafe Arwana.

Sesuai namanya, Langgeng Cafe Arwana ini tentunya harus ada makanan yang spesifik yaitu masakan ikan Arwana. Juga menyajikan menu harga terjangkau kalangan anak muda. “Kami memanfaatkan potensi kearifan lokal warga yang mempunyai kolam ikan Arwana bermacam jenis,” jelasnya.

Dengan beragam pengolahan ikan Arwana, seperti digoreng, dibakar, dibuat sup dengan kreasi bumbu khas nusantara diharapkan Cafe Arwana menjadi pilihan warga yang berkunjung ke objek wisata Taman Kyai Langgeng Magelang.

“Meski harganya terbilang spesial, mulai dari Rp 2 juta hingga Rp 4 juta per ekor ikan Arwana, pengunjung dapat menikmati menu ikan Arwana yang diyakini baik untuk kesehatan jantung dan sakit asma,” tuturnya.

Untuk menu Arwana harus reservasi dahulu. Itu karena spesifik.

Agus menambahkan, selain menu khas ikan Arwana, cafe itu juga menawarkan berbagai menu khas lainnya mulai dari sajian ayam kampung hingga berbagai jenis ikan yang berasal dari kolam, sungai dan laut.

Eko Priyono