blank
Rumah Agus hancur dihantam batu berukuran besar yang melorot bersamaan dengan terjadinya bencana tanah longsor.

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Batu besar melorot menghantam rumah Agus di Gunung Gading, Kelurahan Kaliancar, Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri.

Sementara itu, badan Jalan aspal di Lingkungan Bulurejo, Kelurahan lokomanis Kulon, Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Wonogiri, tertimbuni endapan lumpur.

Tidak ada korban jiwa maupun luka dalam bencana yang terjadi di dua lokasi terpisah tersebut. Tapi bagian pojok rumah Agus hancur dihantam batu besar yang melorot bersamaan dengan terjadinya bencana tanah longsor.

Kepala Badan Penanggulangan Becana Daerah (BPBD) Kabupaten Wonogiri, Bambang Haryanto, semalam, menyatakan, bencana tanah longsor disertai batu besar yang melorot tersebut terjadi hari Kamis (18/11).

Kejadiannya berlangsung bersamaan dengan turunnya hujan lebat. Air hujan meluap dari sisi atas tebing, karena parit yang berada di lokasi tidak berfungsi menampungnya.

Luapan air dari lereng atas tebing, memicu bencana longsor yang disertai dengan melorotnya sebuah batu berukuran besar yang menghantam rumah Agus.

Mengungsi

Untuk penanganan darurat, BPBD Kabupaten Wonogiri telah memberikan bantuan logistik kepada Agus, dan untuk mendukung warga yang kerja bakti.

blank
Regu IV Damkar Pemkab Wonogiri, melakukan pembersihan endapan lumpur yang menimbuni badan jalan aspal di Bulurejo, Mlokomanis Kulon, Ngadirojo, Wonogiri.

Kerja bakti dilakukan secara bergotong-royong untuk membersihkan material longsoran. Tapi warga kesulitan menyingkirkan batu besar yang mengantam rumah Agus.

Warga mengatakan, untuk menyingkirkan batu besar tersebut perlu alat berat, atau perlu tindakan peledakan melalui teknis blasting. Yang tindakan ini, sudah di luar kemampuan warga.

Untuk mengantisipasi kemungkinan yang tidak diinginkan, Agus disarankan mengungsi ke lokasi yang aman. Sebab, kondisi di lokasi menjadi labil.

Bila turun hujan lebat lagi, diprediksikan batu besar bersama lereng tebing yang longsor masih akan bergerak lagi.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pemadam Kebakaran (Damkar) Pemkab Wonogiri, Joko Santosa, menyatakan, telah mengirim Regu IV Brandweer pimpinan Komandan Regu (Danru) Sriyanto, untuk membersihkan endapan lumpur di ruas Jalan Bulurejo, Mlokomanis Kulon, Ngadirojo, Wonogiri.

Bambang Pur