blank
Hujan deras berkepanjangan, menyebabkan bangunan talud penguat tebing setinggi 7 Meter longsor, material longsorannya merusak rumah warga.
WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Hujan deras dan angin kencang, menyebabkan musibah longsor dan pohon tumbang di Kecamatan Tirtomoyo, Kabupaten Wonogiri.

Bangunan talud penguat tebing batas pekarangan milik Nurwanto di Lingkungan Duren RT 01/RW 07 Kelurahan Ngarjosari, Tirtomoyo, Wonogiri ambrol.

Talud yang ambrol berketinggian sekitar 7 Meter (M) dan material longsorannya merusak rumah milik Suradi, yang berada di sebelahnya. Yakni merusak kamar tidur dan dapur.

Bersamaan itu, rumah Marsi di Dusun Mujing RT 02/RW 03 Desa Banyakprodo, Tirtomoyo, Wonogiri, rusak tertimpa pohon Jati yang tumbang diterjang angin kencang.

Anggota Koramil-07/Tirtomoyo, Serma Darman, Rabu (17/11), melaporkan, dalam musibah ini tidak menimbulkan korban jiwa maupun korban luka.

Pengungsian

Menyikapi bencana tersebut, Anggota Koramil-07/Tirtomoyo beserta personel Polsek setempat, mendatangi lokasi kejadian. Bersama aparat pemerintah desa dan tokoh masyarakat, dilakukan penanganan darurat.
blank
Personel TNI dari Koramil Tirtomoyo, pamong desa dan masyarakat, kerja bakti memperbaiki rumah warga yang rusak tertimpa pohon tumbang.

Juga dilakukan upaya pengungsian keluarga yang rumahnya rusak, sebagai antisipasi kemungkinan terjadi bencana longsor susulan. Mengingat hujan-hujan deras masih mengguyur wilayah Tirtomoyo, Wonogiri.

Sementara itu, Babinsa Serma Darman, langsung memimpin kerja bakti di rumah Marsi yang rusak tertimpa pohon Jati tumbang. Bersama pamong desa, tokoh masyarakat dan warga, dilakukan upaya menyingkirkan pohon Jati yang tumbang menimpa rumah.

Secara bergotong royong, juga dilakukan perbaikan rumah, agar dapat ditempati kembali oleh Marsi beserta anggota keluarganya.

Bambang Pur