blank
Lokasi pembangunan gedung IKM Center di Komplek Sunb Terminal Magersari, (Bag Prokompim, Pemkot Magelang)

MAGELANG (SUARABARU.ID) – Kementerian Perindustrian mengucurkan dana sebesar Rp 9,8 miliar untuk membangun Industri Kecil Menengah (IKM) Center. Pembangunan akan dilaksanakan pada tahun 2022.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Magelang, Catur Budi Fajar Sumarmo mengatakan, lokasi IKM Center menempati tanah aset Pemkot di Kompleks Sub Terminal Magersari Kota Magelang. Bangunan IKM Center memang sudah lama didambakan para pelaku IKM dan UMKM di Kota Magelang.

‘’Kami sangat bersyukur mendapatkan DAK ini, bahkan mendapat tambahan Rp 1,7 miliar khusus untuk pembangunan nonfisik. Jadi, tidak hanya fisik bangunan saja, tapi pelaku usaha juga akan mendapatkan pelatihan, pendampingan dan dibantu dalam hal pemasarannya,’’ katanya kemarin.

Mantan Kepala Diskominsta itu menerangkan, IKM Center akan dibangun di atas tanah seluas 1.900 m terdiri dua lantai. Lantai dasar akan digunakan sebagai area penjualan atau showroom produk IKM se-Kota Magelang.

‘’Konsep kita inginnya seperti sebuah toko oleh-oleh laiknya Krisna di Bali. Seluruh produk IKM dan UMKM kita ada di situ, sehingga pengunjung bisa bebas berbelanja. Istilahnya one stop shopping oleh-oleh produk IKM dan UMKM di Kota Magelang,’’ ujarnya.

Sedang lantai dua difungsikan sebagai workspace baik sebagai kantor maupun ruang-ruang pertemuan, bahkan akan disiapkan pula kafe. Kafe ini akan memanfaatkan balkon dengan pemandangan Gunung Tidar.

‘’Harapan ke depan IKM Center tidak hanya untuk ruang pameran saja, tapi betul-betul bisnis yang mendatangkan keuntungan baik pelaku IKM dan UMKM maupun pengelola. Untuk pengelolanya  apakah dalam bentuk UPT, BUMD atau kerja sama dengan pihak ketiga,’’ terangnya.

Menurutnya, lokasi IKM Center di  Sub Terminal Magersari, karena dekat dengan objek wisata Kebun Raya Gunung Tidar. Juga berdampingan dengan Pasar Sasana Mina, Pasar Klitikan dan Pasar Burung.

‘’Jadi sekali bagi wisatawan yang berkunjung ke Gunung Tidar bisa mampir di pusat oleh-oleh ini. Apalagi, bus wisata nantinya bisa masuk dan parkir di kompleks Terminal Magersari ini, sehingga memudahkan wisatawan untuk datang,’’ tuturnya.

Ketua Forum UMKM Mega Tidar Kota Magelang, Fathurrozaq menyambut baik rencana pembangunan IKM Center tersebut. Para pelaku usaha diharapkan bisa mendisplay dan menjual produknya di fasilitas tersebut.

‘’Saya juga dimintai masukan terkait rencana pembangunan IKM Center ini. Kami sangat menyambut positif, teman-teman pelaku bisa mendisplay produk mereka. Bahkan, diharap bisa menjadi inkubasi bisnis dan tempat pelatihan guna peningkatan usaha mereka,’’ harapnya.

 

Penulis : Prokompim/Pemkotmgl

Editor   : Doddy Ardjono