blank
Kepala Dinkes Kudus Badai Ismoyo. Foto:Suarabaru.id

KUDUS (SUARABARU.ID) –Dinas Kesehatan  (Dinkes) Kabupaten Kudus meminta masyarakat Kudus untuk tak mengendorkan protokol kesehatan (prokes), meski angka kasus aktif Covid-19 terus menurun.

“Kami harapkan masyarakat tidak kendor terhadap penerapan protokol kesehatan. Apalagi di tempat umum,” kata Kepala DKK Kudus Badai Ismoyo, Sabtu (13/11).

Data yang ada, angka aktif kasus Covid-19 di Kabupaten Kudus saat ini hanya tersisa 3 kasus. Pasien positif tersebut menjalani isolasi mandiri.

Badai mengatakan, saat ini bukan saatnya untuk mengendurkan pemakaian masker hingga mencuci tangan dan menjaga jarak. Mengingat libur Natal dan Tahun Baru diprediksi menjadi potensi lonjakan kasus.

Selain penerapan Prokes ketat, serbuan vaksinasi juga terus dilakukan. Pada peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) Dinkes Kudus menggelar serbuan vaksinasi serentak di tiga titik lokasi.

Menurut Badai, tujuan diadakannya serbuan vaksinasi untuk mengejar target. Terutama, vaksinasi bagi lansia. Lokasi vaksinasi peringatan HKN, berada di Kantor Dinkes Kudus, Balai Desa Gondangmanis dan Balai Desa Undaan Kidul. Total ada 1.500 dosis vaksin yang disalurkan dalam kegiatan ini.

“Kami ingin mengadakan kegiatan yang ikut mendukung gencaran vaksinasi. Supaya target vaksinasi di Kabupaten Kudus bisa segera tercapai,” terangnya.

Badai memaparakan, capaian vaksinasi Covid-19 di Kudus pada per 8 November 2021 cakupan dosis pertama sebesar 57,7 persen, cakupan dosis kedua sebesar 39,4 persen, dan dosis tiga sebesar 99,7 persen.

Tm-Ab