blank
Alat berat digunakan untuk menyingkirkan tanah longsor yang menutup jalan. Foto: eko

KOTA MUNGKID(SUARABARU.ID)-Tanah longsor di lereng Gunung Merbabu menutup jalan provinsi yang menghubungkan Kabupaten Magelang menuju Boyolali. Jalan tertutup total oleh longsoran yang terjadi Kamis malam (11/11).

Kasi Tata Usaha PT Jasa Marga Jawa Tengah, Parjo,
menjelaskan bahwa longsor terjadi pada Kamis malam sekitar pukul 20.00 wib. Hujan dari pagi sampai sore kemarin menyebabkan tebing setinggi 20 meter dan lebar 30 meter longsor menutup akses jalan Magelang- Boyolali, tepatnya di kilometer 18, Dusun Gintung, Desa Ketep, Kecamatan Sawangan.

Atas kejadian itu dilakukan pengerukan longsoran tanah menggunakan satu unit alat berat. Upaya itu dibantu dari berbagai jajaran seperti TNI, Polri, BPBD Kabupate Magelang, Dinas Perhubungan Kabupaten Magelang, organisasi penanganan risiko bencana (OPRB) Ketep dan warga sekitar.

Danramil 12/Sawangan Kapten Arh Suhadi menambahkan, dalam penanganan tanah longsor itu tetap mengutamakan faktor keselamatan dan keamanan petugas di lapangan. Karena dikhawatirkan terjadinya longsor susulan.

Dijelaskan, rata-rata tanah longsor terjadi setelah hujan reda. Seperti yang terjadi di Dusun Dadapan dan Dusun Ngrandu, kemarin. Semua terjadi setelah hujan reda.

“Oleh karena itu kami selaku Fokompincam Sawangan mengingatkan agar warga yang tinggal di daerah rawan bencana untuk selalu waspada dan siaga dalam menghadapi berbagai macam bencana alam,” katanya.

Eko Priyono