blank
Penyerahan bibit durian secara simbolis bagi kelompok tani Desa Rejosari, Bandongan, kemarin. Foto: eko

KOTA MUNGKID(SUARABARU.ID)- Kelompok Tani (Poktan) Desa Rejosari, Kecamatan Bandongan, Kabupaten Magelang mendapat bantuan bibit durian. Penyerahan secara simbolis dilaksanakan di Balaidesa Rejosari, Kamis (11/11) kemarin.

Hadir dalam kegiatan tersebut Camat Bandongan Suroto S.sos, Koordinator Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Bandongan Sarto, Kades Rejosari M. Badarudin, Babinsa Sertu Slamet Ariyanto, para Ketua Kelompok dan perwakilan anggotanya.

Camat Bandongan, Suroto SSos, mengatakan potensi sumber daya alam yang dimanfaatkan secara optimal di sektor perkebunan durian dapat memberikan pengaruh positif untuk peningkatan kesejahteraan petani.

“Sumber alam yang tersedia dan dikelola dengan baik, ditunjang dengan para petani yang maju, unggul dan tangguh akan membawa berkah kepada anak cucu kita yang akan datang,” katanya.

Koordinator BPP Kecamatan Bandongan, Sarto,
berpesan agar bibit unggul durian itu dirawat dengan baik.
Menurut dia Desa Rejosari peduli terhadap kelompok tani. Pemerintah desa berupaya mendapat bibit durian jenis Musangking dan Montong.

“Memang bibit durian ini untuk masa panennya berjangka panjang. Namun untuk observasi, kandungan pohon durian ini banyak menyimpan air sehingga lingkungannya tidak tandus atau gersang,” jelasnya.

Setelah penyerahan secara simbolis dilanjutkan pembagian bibit durian kepada kelompok tani.

Di sela-sela pembagian bibit, Babinsa Rejosari, Sertu Slamet Ariyanto, mengatakan ada 900 bibit durian yang dibagi kepada enam kelompok tani, masing-masing kelompok mendapat 150 bibit.

“Dengan bantuan bibit durian ini, mudah-mudahan ke depan masyarakat Desa Rejosari bisa makmur dan sejahtera,” tuturnya.

Eko Priyono