Tari Tenun Troso yang dibawakan oleh Putra Putri Kartini Jepara Malang yang ditunjuk mewakili Jawa Tengah.

JEPARA (SUARABARU.ID) – Tari Tenun Troso yang dibawakan oleh Putra Putri Kartini Jepara Malang atau Papikama yang ditunjuk  mewakili Jawa Tengah berhasil memukau penonton pada even Parade  Budaya Nusantara.

Parade Budaya Nusantara tersebut diselenggarakan bertepatan dengan Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2021,  di Gedung Sawakitri Universitas PGRI Kanjuruan Kota Malang. Kegiatan tersebut melibatkan Organisasi Daerah (Orda) asal Mahasiswa yang sedang menempuh studi di Kota Malang. Kegiatan ini diselenggarkan oleh Pemerintah Kota Malang melalui Bakesbangpol dan KNPI Kota Malang.

Kontingen yang tampil dalam Parade Budaya Nusantara 2021.

Turut hadir Wakil Wali Kota Malang (Ir. H. Sofyan Edi Jarwoko), Dandim 0833/Kota Malang (Letkol Arm Ferdian Primadhona, SE, M. Tr (Han) Kajari Kota Malang (Zuhandi, SH,MH), Kepala Bakesbangpol Kota Malang (Dra, Rinawati, MM) serta undangan dari Perwakilan Camat, KNPI dan Forum Pembauran Kebangsaan (FPK).

Parade Budaya Nusantara, kali ini diikuti 23  perwakilan Orda, diantaranya Kota Malang, Lampung, Bali, Tangerang, Jambi Aceh, Maluku, Sulbar, Sulteng, Kalsel, Kalbar, NTT, Riau, Sumbar, Sumsel, Jabar, Kalteng, Sultra, Gorontalo, Jateng, NTB, Babel dan Sulsel.

Kegiatan ini dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-76 dan Hari Pahlawan ke-93 serta sebagai bentuk rasa syukur atas anugerah bangsa yang besar dengan berbagai budaya dan suku bangsa namun tetap satu bangsa Indonesia disamping saling mengenalkan kultur, adat dan ragam seni budaya nusantara.

Kegiatan dibuka dengan kolaborasi musik etnic, pembacaan ikrar Sumpah Pemuda yang dipimpin oleh Wakil Walikota Malang, bersama perwakilan Orda setelah sebelumya tayangan kilas balik Sumpah Pemuda dan sambutan oleh Kepala Daerah, yakni Gubernur Riau, Walikota Bogor dan Gubernur Jawa Tengah. Setelah itu dilanjutkan dengan penampilan kesenian dan budaya dari Orda secara bergiliran.

Kegiatan ini tetap memperhatikan protokol kesehatan dengan pembatasan perwakilan Pengurus Orda yang ikut dalam Aula serta durasi penampilan.

Alvaros – Zoey Mienhaj Fadhillah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here