Para mahasiswa STAI Al-Anwar, Sarang, Rembang, yang menjadi Juara Umum Festival Hadist di IAIN Pekalongan, berfoto bersama dengan Ketua STAI Al-Anwar Dr KH Abdul Ghofur Maimoen MA, dan Wakil Ketua Bidang Kemahasiswaan, Luthfil Anshori. Foto: dok/ist

REMBANG (SUARABARU.ID)– Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Anwar Sarang, Rembang, kembali meraih prestasi sebagai juara umum. Enam mahasiswanya berhasil menjadi juara dalam Festival Hadits 2021, yang diselenggarakan Himpunan Mahasiswa Jurusan Hadits IAIN Pekalongan, belum lama ini.

Wakil Ketua Bidang Kemahasiswaan STAI Al-Anwar, Luthfil Anshori menjelaskan ajang ini melombakan empat katagori, yaitu lomba kaligrafi, musikalisasi hadits, lomba hifdzul hadits Arbain Nawawi, dan lomba artikel ilmiah.

”Dua dari empat katagori itu diborong total oleh mahasiswa STAI Al-Anwar. Yaitu Juara I, II dan III lomba kaligrafi dan artikel ilmiah,” kata Luthfil.

BACA JUGA: Gubernur Jateng Mengusulkan Pocut Meurah Intan Jadi Pahlawan Nasional

Cabang Kaligrafi yang dilombakan adalah kaligrafi kontemporer. Dalam lomba ini, Juara I diraih Didi Utama, Juara II Sintia Ulul Azmi dan Juara III M Amiq Fahmi. Ketiganya merupakan mahasiswa Prodi Ilmu Alquran dan Tafsir (IQT), semester III dan I.

Pada cabang lomba Karya Tulis Ilmiah, peringkat pertama diraih Uta Panandang mahasiswa Prodi IQT semester III. Disusul Zahara Baqiyatus Sholihah, mahasiswa semester V Prodi IQT, peringkat ketiga M Faidh Fasyani, mahasiswa Prodi IQT semester I.

Ada pun dua cabang lomba lainnya, Musikalisasi Hadits dan Lomba Hifdzul Hadits, STAI AL-Anwar tidak mengirimkan delegasinya.

BACA JUGA: Liem Chie An Anggap Pandemi Jadi Tantangan untuk Pertahankan Borobudur Marathon

”IAIN Pekalongan sebagai penyelenggara berhasil menjadi Juara I untuk katagori Lomba Hifdzul Hadits, atas nama Syukron Ma’mun. Sedangkan peringkat kedua dan ketiga diraih Institut Darul Quran Jakarta dan ITS NU Pekalongan,” jelas Luthfil.

Sebelumnya, mahasiswa STAI Al-Anwar juga menjadi Juara Umum pada ajang Mahrajan al-Lughah al-‘Arabiyah, yang diselenggarakan Nafilah UIN Walisongo Semarang, dengan menggondol delapan gelar juara.

Ketua STAI Al-Anwar, Dr KH Abdul Ghofur Maimoen MA sendiri, menyambut gembira perolehan prestasi itu.

BACA JUGA: Pangdam IV/Diponegoro Resmikan Renovasi Gedung RST Tk III/BWT Dan Bagikan Alat Bantu Dengar

”Torehan prestasi itu diraih karena semangat mahasiswa STAI Al-Anwar dalam mengasah potensinya, dan dukungan institusi dalam membimbing dan memasilitasi para mahasiswanya untuk terus berkarya,” kata putra Almaghfurlah KH Maimoen Zubair itu.

Gus Ghofur kemudian meminta, agar prestasi itu dipertahankan dan ditingkatkan dalam mengembangkan bakat dan minat mahasiswa.

Riyan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here