Persemaian LMDH di Jukung, Kabupaten Rembang kerja sama dengan Perhutani Mantingan. Foto: Ist

REMBANG (SUARABARU.ID) –Perhutani Mantingan menggandeng Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Sumber Rejeki untuk pembuatan persemaian bersama di tanah warga LMDH di desa Jukung, Kecamatan Bulu, Kabupaten Rembang. Senin (08/11/2021).

Kerja sama ini dimaksudkan untuk menyukseskan 100 persen persemaian yang membutuhkan kerja kompak antar lini, baik dengan segenap jajaran di Perhutani maupun di lingkup mitra kerja atau pun stakeholders lainnya.

Petugas pemeliharaan Persemaian LMDH di Jukung, menyiram air dan mencabuti rumput liar. Foto: Ist

Administratur KPH Mantingan Marsaid lewat Kepala Subseksi Tanaman dan Perhutanan Sosial Arif Yudiarko mengatakan, untuk target persemaian yang harus mencapai 100% kita melibatkan LMDH Sumber Rejeki Desa Jukung.

Karena LMDH Sumber Rejeki sudah berpengalaman dalam bidang persemaian, mulai dari persemaian bibit jati, porang dan persemaian tamanan rimba campur lainya.

“Dengan keterlibatan LMDH tentunya persediaan persemaian juga dapat mencukupi areal untuk tanaman tahun 2022 termasuk untuk tanaman sulam,” jelas Arif.

Sementara itu, Ketua LMDH Sumber Rejeki Zaennudin menambahkan dengan kerjasama bidang persemaian ini, tentu sangat membantu LMDH untuk menjadi pemasok bibit  tanaman gamal atau klereside yang juga sedang gencar-gencarnya ditanam dilahan Perhutani.

“Kita dapat menciptakan lapangan kerja bidang persemaian untuk masyarakat sekitar dan buat anggota LMDH untuk ikut bekerja di bidang persemaian gamal. Untuk akhir tahun 2021 ini kami menyemai sebanyak 1.061.753 plances. untuk stump sebanyak 921.946. dengan dibantu oleh pekerja persemaian sebanyak 10 orang dari masyarakat sekitar Kabupaten Rembang yakni desa Jukung kecamatan Bulu dan anggota lMDH,” ungkap Zaennudin.

Dengan adanya kerja sama, lanjut Zaennudin, antara Perhutani dan LMDH tentunya akan menambah ketersediaan dan terciptanya lapangan kerja didesa Jukung.

“Seandainya semua LMDH dapat membuat persemaian dan bekerja sama dengan instansi terkait tentu akan lebih banyak lagi tenaga kita yang terserap dalam bidang pesemaian,” ucap  Zaennudin sambil melanjutkan mencabuti rumput disekeliling area persemaian.

Kudnadi

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here