blank
Para peserta pelatihan sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Foto: USM

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Tim Pengabdian MKU USM melakukan kegiatan “Pelatihan Penggunaan Quizizz sebagai Media Evaluasi Pembelajaran Daring”, di ruang kelas SD Negeri Karanganyar Gunung 01 Semarang, Kamis (4/11/2021).

Adapun tim dalam kegiatan ini adalah yang terdiri dari Charis Maulana, S.Pd., M.Pd., Yulinda Kusumaningrum, S.Pd., M.Pd., dan Yessi Aprilia Waluyo, S.S., M.Hum.

Kegiatan pelatihan  diikuti 21 guru SD Negeri Karanganyar Gunung 01 Semarang. Kepala Sekolah SD Negeri Karanganyar Gunung 01 Semarang Sri Mulyani, S.Pd. dalam sambutannya menyampaikan pentingnya pelatihan ini.

“Diharapkan pelatihan bisa memberi manfaat manfaat yang positif dan membuat para guru lebih kreatif dan mudah ketika membuat kuis maupun pekerjaan rumah (PR) untuk siswa,” kata Sri Mulyani.

blank
Peserta pelatihan berfoto bersama narasumber seusai kegiatan. Foto: USM

Yulinda Kusumaningrum, S.Pd., M.Pd., dalam pembukaan kegiatan menyampaikan, kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat merupakan salah satu kewajiban dalam melaksanakan Tri Darma Perguruan Tinggi. “Kegiatan tersebut sebagai solusi bagi pemecahan permasalahan yang ada di masyarakat,” kata Yulinda.

Sebelum kegiatan dimulai, Charis Maulana, S.Pd., M.Pd. selaku Ketua Tim Pengabdian mengatakan bahwa pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pelatihan penggunaan Quizizz untuk memudahkan para guru membuat kuis dengan fitur yang tidak membosankan serta memberikan media alternatif yang menarik dan menyenangkan bagi siswa ketika mengerjakan kuis pelajaran dan Pekerjaan Rumah (PR).

Sebelum acara pelatihan, para guru diminta untuk mengisi kuesioner pretest yang sudah disiapkan. Dilanjutkan dengan penyampaian materi tentang penggunaan Quizizz sebagai media evaluasi pembelajaran daring oleh Charis Maulana, S.Pd., M.Pd. Quizizz merupakan sebuah Web Tool untuk membuat permainan kuis interaktif yang bisa digunakan dalam pembelajaran di kelas (bisa digunakan untuk evaluasi pembelajaran).

Quizizz sekarang bisa diunduh di playstore bagi pengguna android, sehingga dalam penggunaannya lebih praktis dan tentunya mobile friendly.

Pada kesempatan tersebut, para guru juga memberikan kesan dan tanggapan yang positif selama pelatihan. Mereka sangat antusias mengikuti kegiatan dari awal sampai akhir.

Perwakilan guru mengatakan bahwa manfaat, pengetahuan dan keterampilan dari pelatihan Quizizz ini dapat dirasakan secara langsung setelah para pemateri memberikan pengarahan, penjelasan dan praktik langsung cara menggunakan Quizizz.

Setelah sesi materi selesai, untuk mengevaluasi kegiatan yang telah dilakukan, para guru diminta untuk mengisi kuesioner postest.

Charis Maulana, S.Pd., M.Pd. sebagai salah satu narasumber mengatakan merasa sangat senang karena kegiatan pelatihan ini disambut dengan antusias yang tinggi dari para guru. “Antusiasme yang luar biasa, kami dapat melihat dari cara para guru mempersiapkan diri dengan membawa perangkat laptop, kemudian mengikuti arahan dan penjelasan dari kami, serta bertanya ketika menghadapi kesulitan saat praktik,” kata dia.

Dia berharap, ke depan ada kerja sama yang berkelanjutan antara pihak USM dan SD Negeri Karanganyar Gunung 01 Semarang dalam bidang yang lebih luas yang bermanfaat untuk dunia pendidikan”.

USM-wied