blank
Ketua DPRD Haizul Ma'arif bersama Pratikno (Wakil Ketua DPRD Jepara) dan A Saidatul Haznak (Ketua Komisi), serta A Yuni Sulistyo (Wakil Ketua Komisi) dalam dialog in teraktif Tamansari Menyapa di LPPL Radio Kartini FM.

JEPARA (SUARABARU.ID) Ketua DPRD Jepara Haizul Ma’arif,  menjelaskan DPRD memiliki peran penting dalam pelaksanaan pembangunan dan pemerintahan di daerah. Sebab salah satu haknya yang dimiliki adalah hak budgeting. Ini adalah hak untuk merencanakan , membahas, menyetujui dan melakukan pengawasan keuangan daerah.

Hal ini disampaikan Haizul Ma’arif dalam dialog interaktif di Radio Kartini FM Jepara, Jumat (5/11/2021). “Jadi DPRD ini juga setiap pekan melakukan ‘monitoring’ hasil kegiatan sebagai rencana kerja yang dilaksanakan oleh eksekutif dan lain-lain,” ujarnya.

Dialog interaktif bertajuk “Tamansari Menyapa” edisi kedua pekan ini mengangkat tema “Mengawal Penyusunan dan Pelaksanaan APBD Kabupaten Jepara.” Dalam kesempatan tersebut, Ketua Dewan melakukan on air bersama Pratikno (Wakil Ketua DPRD Jepara) dan A Saidatul Haznak (Ketua Komisi), serta A Yuni Sulistyo (Wakil Ketua Komisi).

Haizul terlebih menjelaskan bahwa pada tahap perencanaan APBD diharuskan mengacu pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) berupa dokumen perencanaan pembangunan daerah untuk periode lima tahunan dengan penjabaran visi, misi, serta program kepala daerah.

Ia lantas menjelaskan, rencana APBD tahun depan saat ini masih dalam proses pembahasan antara Badan Anggaran bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD). Tahapan ini, menurut Haizul, diharapkan agar diperoleh kesepakatan menuju keparipurnaan. “Dari situlah peran penyusunan setiap tahun. DPRD dilibatkan bersama mitra , yaitu eksekutif dengan diwakili TAPD untuk membahas perencanaan anggaran tersebut,” ujarnya.

Sementara Wakil Ketua DPRD Jepara Pratikno, menambahkan bahwa Dewan senantiasa menekankan asas kemanfaatan bagi rakyat dengan menjunjung skala prioritas agar pembangunan merata di segala bidang. “Maka dari itu keterlibatan DPRD ini perlu ditelaah, diteliti, dan dianalisa,” terangnya.

Alvaros