blank
H Abdul Kadir Karding (kanan) memberikan bantuan kepada PCNU Kabupaten Magelang, kemarin. Foto: eko

KOTA MUNGKID(SUARABARU.ID)-Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten Magelang akan mendirikan lembaga pendidikan modern. Lokasinya di kompleks kantor Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Palbapang, Bojong, Mungkid.

Wacana itu terungkap saat kunjungan anggota Komisi VII DPR RI, H Abdul Kadir Karding, ke kantor PCNU, Rabu sore (3/11). Anggota Fraksi PKB itu mengantarkan bantuan uang tunai sebesar Rp 50 juta.

Karding mengatakan, dia pernah berkunjung ke PCNU ketika peresmian balai latihan kerja (BLK) sekitar dua tahun silam. Setelah itu terjadi pandemi Covid-19. “Sekarang saya baru ke sini lagi, bersyukur masih diberi sehat dan semoga mendapat berkah,” katanya.

Politikus yang akrab disapa Mas Karding itu mengatakan, saat peresmian BLK dia mendapat informasi PCNU akan membeli tanah untuk pengembangan pendidikan NU Kabupaten Magelang. “Spontan di atas panggung saya bilang untuk menstimulasi dan memotivasi, saya ikut urun. Waktu itu saya bilang Rp 50 juta. Itu kan dicatat dan saya khawatir dianggap omong doang, tidak tepat janji,” guraunya.

Kemarin dia sempatkan datang ke PCNU untuk melunasi janjinya. Sebenarnya cukup ke bendahara atau transfer. Tetapi karena dahulu banyak yang mendengarkan janjinya itu dia berfikir lebih baik bertemu beberapa orang pengurus inti dan Badan Otonom PCNU.

Semoga menjadi semacam syiar bagi yang lain untuk ikut menyumbang. Syukur banyak yang menyumbang dalam jumlah besar. Dia pun kalau ada rejeki akan menyumbang secara rutin, tidak hanya satu kali.

“Semoga PCNU segera mampu membeli tanah di sekitar untuk kepentingan pengembangan NU ke depan,” harapnya.

Stimulasi

Di sela acara itu Karding mengatakan, bantuan tersebut berupa uang yang sudah dia janjikan sebelum pandemi. Untuk menstimulasi atau mengajak yang lain untuk ikut urunan (iuran). Karena PCNU Magelang ingin membeli tanah yang ada di sekitarnya untuk kepentingan pengembangan pendidikan. “Ibaratnya mengajak teman-teman untuk urunan supaya bisa membangun fasilitas pendidikan yang ada di PCNU Magelang,” katanya.

Rencananya akan membangun pendidikan anak usia dini (PAUD), madrasah ibtidaiyah, madrasah tsanawiyah, dan lainnya. Tetapi yang berkualitas baik, yang kelasnya internasional.

Ketua Tanfidziyah NU KH Achmad Izzudin yang biasa disapa Gus Din berterima kasih Karding hadir untuk menepati janji. “Saya sangat ingat dan tidak mau menagih, karena lebih lama menjadi lebih banyak,” guraunya.

Bantuan itu merupakan sebuah support yang luar biasa agar PCNU Kabupaten Magelang bisa segera mewujudkan lembaga pendidikan yang bisa bersaing dengan lembaga pendidikan lain di wilayah Magelang. Dia juga punya keinginan untuk pengembangan. “Kami menunggu semoga setelah Pak Karding memberi, terus banyak yang membantu,” harapnya.

Dituturkan, sejauh ini dia sudah berusaha, tetapi ada beberapa hal yang semula diharap sudah deal ternyata ada kendala. Tetapi dia tetap berusaha mengupayakan agar lembaga pendidikan atau fasilitas penunjang yang ada di PCNU bisa segera terwujud. Karena kepengurusan masih banyak yang membutuhkan tempat untuk diskusi maupun bermusyawarah.

Ditambahkan oleh Gus Din, di tempat itu akan segera diwujudkan lembaga pendidikan mulai dari PAUD, SD, SMP, SMA, yang betul-betul menjadi kebanggaan warga Kabupaten Magelang. Saat ini sedang mulai penataan. Dia berharap semoga semua rencana bisa berjalan dengan lancar. Belakangan tengah mencari pengembangan lahan untuk penambahan dan setelah itu akan segera diwujudkan. Sekarang sudah ada lahan sekitar 7.000 meter persegi (M2). Ada beberapa lahan yang akan dibebaskan dalam waktu dekat ini.

Dalam acara kemarin itu Gus Izzudin didampingi para wakil ketua, bendahara PCNU, para tokoh, ketua badan otonom, Muslimat, Fatayat, Ippnu, Ansor.

Eko Priyono