blank
Para atlet dan ofisial yang ikut Podradnas VIII 2021, pada Kamis-Minggu (21-24/10/2021) di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, berfoto bersama sebelum keberangkatannya. Foto: dok/ist

JEPARA (SUARABARU.ID)– Pemerintah Kabupaten Jepara memberangkatkan sembilan orang atletnya, pada ajang Pekan Olahraga Tradisional Tingkat Nasional (Podradnas) VIII 2021, yang digelar Kamis-Minggu (21-24/10/2021), di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Ketua Umum Komite Permainan Rakyat dan Olahraga Tradisional Indonesia (KPOTI) Jepara, Ahmad Kholik menyampaikan, ada lima cabang yang akan dipertandingkan dalam Podradnas nanti. Yakni egrang, sumpitan, lari balok, ketapel, dan panahan tradisional.

Untuk atlet Jepara yang mewakili Provinsi Jateng di even ini, akan mengikuti dua cabor yaitu egrang (beregu putra) dan ketapel (beregu campuran). ”Kami akan mengikuti dua cabor egrang beregu putra, dan ketapel beregu campuran,” kata Kholik dalam keterangannya di Jepara, belum lama ini.

BACA JUGA: Penyalahgunaan Bahasa Dapat Berimplikasi pada Hukum

Disampaikan dia, sebelumnya atlet dari Jepara, yakni Distia Eka Rahayu dan Faradila Febrianti Kusuma Dewi berhasil meraih peringkat II dan III pada kompetisi plintengan (ketapel) tingkat Jateng, yang digelar KPOTI Provinsi Jateng. Dengan modal itu, diharapkan menjadi semangat dan motivasi mereka, untuk berprestasi di tingkat Nasional.

”Mereka baru pertama kali mengikuti ajang olahraga tradisional tingkat Nasional. Jadi peringkat berara pun akan menjadi suatu kebanggaan bagi kita,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Jepara, Agus Tri Harjono menambahkan, bertanding di level Nasional dibutuhkan kesiapan mental yang kuat, dan juga fisik yang prima.

BACA JUGA: Warga Diminta Tak Ragu Lapor Teror Pinjol Ilegal ke Polisi

Untuk itu, pihaknya mewanti-wanti agar para atlet tetap menjaga kekompakan, atas nama kontingan Jateng.

”Serta jangan lupa, junjung tinggi sportivitas dan tetap semangat. Berikan yang terbaik untuk Jepara dan Jateng,” harap Agus.

Riyan