Salah seorang narapidana Lapas Semarang sedang mengikuti lomba adzan. Foto: Dok/ist

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Semarang menggelar lomba keagamaan untuk narapidana yang berlangsung di Masjid At Taubah Lapas Semarang.

Perlombaan ini dilaksanakan untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. Untuk kegiatan yang dilombakan antara lain lomba adzan dan iqomah, murotal Al-Quran, hafalan asmaul husna, dan lomba kreasi nadhom Islam Kaffah yang diikuti oleh para narapidana Lapas Semarang.

Kepala Lapas Semarang, Supriyanto mengatakan, dalam kegiatan lomba ini minimal diikuti oleh dua perwakilan narapidana dari masing-masing blok hunian yang menjadi peserta.

“Kemarin sudah dimulai lomba adzan dan iqomah dengan peserta 30 narapidana dari kasus tipikor hingga kasus narkotika dan pidana umum lainnya, dengan jangka waktu 5-10 menit,” kata Supriyanto, Kamis (21/10/2021).

Dalam kegiatan lomba sendiri akan berlangsung selama empat hari yang dilaksanakan mulai tanggal 20-23 Oktober 2021.

Menurut Supriyanto, dengan digelarnya lomba keagamaan ini, para narapidana mampu meningkatkan ilmu agamanya, sehingga menjadi pribadi lebih baik saat bebas nanti.

“Harapannya setiap narapidana mampu meneladani Nabi Muhammad SAW sebagai junjungan bagi umat Islam,” ujar dia.

Disampaikan bahwa Lapas Semarang selalu mengedepankan kegiatan pembinaan untuk narapidana, khususnya dalam pembinaan keagamaan.

“Kegiatan bersifat Islami untuk para WBP ini bertujuan meningkatkan kualitas keagamaan mereka, dan menambah iman dan taqwa kepada Allah SWT,” jelasnya.

Nampak para narapidana antusias dalam mengikuti perlombaan. Mereka berharap kegiatan seperti ini bisa terus berlangsung sebagai ajang untuk menyalurkan bakatnya.

Ning

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here