Narasumber pelatihan jurnalistik dan advokasi bersama peserta pelatihan

JEPARA (SUARABARU.ID) – Gerakan Pemuda (GP) Ansor PAC Kecamatan Batealit, Kabupaten Jepara menggelar pelatihan Jurnalistik dan Advokasi bagi kader-kadernya. Kegiatan yang dilaksanakan di gedung  PAC Batealit pada Selasa, (19/10) ini sebagai bentuk motivasi bagi para kader untuk selalu menumbuhkan minat dalam dunia  jurnalistik  dan advokasi.

Selain dihadiri oleh Mu’arifin, Ketua PAC GP Ansor Batealit, Kiai Said, Ketua MWC NU Batealit, serta Su’aib Ketua LTN NU MWC, panitia juga mengadirkan dua narasumber. Narasumber yang pertama, Tasykuri, memberikan pelatihan advokasi. Sedangkan untuk pelatihan jurnalistik, menghadirkan Ulil Abshor  wartawan media online Suarabaru.id . Adapun  peserta pelatihan merupakan kader GP Ansor tingkat ranting yang tersebar di seluruh Kecamatan Batealit.

Dalam pelatihan jurnalistik, terlihat semangat para peserta mengikuti pelatihan. Oleh Ulil Abshor, peserta diberikan pelatihan dasar dalam membuat berita dari sebuah peristiwa dengan menggunakan kaidah-kaidah jurnalistik. Dimulai dengan teori 5W 1H, penulisan judul, penulisan lead berita hingga tekhnik penulisan yang sesuai dengan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI) dan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Muhammad Kharis, salah satu peserta pelatihan mengatakan ide dan gagasan dalam menulis inilah yang menjadi kendala dalam memulai membuat sebuah tulisan. “Karena, ketika kita kering ide dan gagasan, maka kita tidak akan pernah memulai menulis”, ujarnya.

Sedangkan peserta yang lain juga mempunyai kendala, namun berbeda. Yaitu ketakutan dan ketidak percayaan dirinya. Takut tulisannya  akan dikritik oleh pembaca, bahkan dibully.

Dari pemateri pelatihan jurnalistik memberikan kesempatan kepada para peserta pelatihan untuk mempraktekan langsung kegiatan menulis. Nantinya tulisan yang layak akan dimuat di salah satu media online.

Hadepe

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here