Vita saat menerima piala, piagam, dan uang pembinaan dari Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Jepara, Agus Tri Harjono.

JEPARA (SUARABARU.ID) –  Pembelajaran jarak jauh yang harus dilakukan di tengah pandemi, membuat interaksi siswa dilakukan melalui gawai. Namun PJJ ini juga memiliki banyak problematika, diantaranya modul elektronik kurang menarik perhatian siswa.

Latar belakang persoalan yang dihadapi siswa itulah yang membuat Vita Arifa, S.Pd mencoba mengembangkan idenya untuk   memanfaatkan gawai sebagai sarana meningkatkan kemampuan literasi siswa.

Ia  memiliih emogame, media pembelajaran daring yang materinya dipaparkan secara sistematis dalam bentuk teks, gambar, dan video. Di dalamnya juga terdapat latihan soal dalam bentuk permainan. “Ini menjadikan pembelajaran terasa menyenangkan bagi siswa,” ujar Vita Arifa, SD Negeri 1 Daren, Kecamatan Nalumsari.

Inovasi Vita Arifa  yang dituangkan dalam karya “Emogame Tingkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar online Siswa Kelas V SD Negeri 1 Daren pada Materi Peredaran Darah” mendapat penilaian terbaik dari seluruh inovasi di Jepara tahun 2021. Vita ditetapkan menjadi juara I Inovasi Pembelajaran Tingkat SD tahun 2021.

Vita Arifa, S.Pd bersama Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Jepara, Agus Tri Harjono.

Menurut Vita, pada awalnya  inovasi yang dilakukan tidak dipersiapkan untuk lomba. Dia hanya berusaha membuat pembelajaran menyenangkan bagi siswa. Awalnya, lulusan S1 PGSD Unnes tahun 2013 ini mencurahkan perhatian pada anak didiknya yang akan menghadapi Asesmen Nasional tahun 2021.

Meski tahu penyelenggaraan asesmen adalah untuk pemetaan mutu sistem pendidikan nasional, Vita berupaya maksimal agar anak didiknya menguasai materi literasi. Pengembangan inovasi ini mendapat dukungan dari Kepala Sekolah, teman dan juga  suaminya, Fajar Irsyad.

Inovasi ini terbukti mampu meningkatkan jumlah siswa kelas 5 SDN 1 Daren yang berhasil memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) hingga dua kali lipat yaitu dari 43 persen menjadi 86 persen,” ujarnya.

Bersama lima pemenang lain, Vita menerima piala, piagam, dan uang pembinaan dari Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Jepara, Agus Tri Harjono. Prosesi itu berlangsung pada Senin (11/10/2021), di depan para pejabat Disdikpora.

Hadepe

 

 

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here