blank
Seorang warga ikut vaksin hari ini. Foto: eko

KOTA MUNGKID(SUARABARU.ID)-Jajaran TNI-Polri di wilayah Kabupaten Magelang masih telaten melayani vaksinasi Covid-19 bagi warga yang belum vaksin. Hampir setiap hari dilakukan vaksinasi massal di sejumlah tempat.

Sebagaimana dilakukan hari ini, Babinsa Koramil 02/Kaliangkrik Peltu Taruna bersama anggota Polsek Kaliangkrik memberikan pendampingan kegiatan vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat umum, di Puskesmas Kecamatan Kaliangkrik.

Sebelum pelaksanaan vaksin, petugas kesehatan melakukan screening kepada calon peserta vaksinasi. Dari data Puskesmas Kaliangkrik, 650 orang yang dinyatakan lulus screening, sehingga langsung bisa disuntik vaksin.

Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Kepala Puskesmas Kaliangkrik, Babinsa, Babinkamtibmas, para pegawai kesehatan, staf Puskesmas, serta masyarakat peserta vaksin.

Pada kesempatan tersebut, Peltu Taruna selaku Babinsa Kaliangkrik mengajak warga untuk tetap menerapkan protokol kesehatan dengan cara 5M, yakni mencuci tangan menggunakan sabun di air mengalir, memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan, serta membatasi mobilitas.

Menurutnya kegiatan Vaksinasi Covid-19 tersebut merupakan program pemerintah yang harus dilaksanakan oleh semua masyarakat, dengan tujuan untuk memutus penyebaran Covid-19 khususnya di wilayah Kecamatan Kaliangkrik.

“Tujuan pendampingan yaitu untuk memberikan rasa aman dan nyaman saat proses vaksinasi berlangsung, serta memastikan selama kegiatan vaksinasi berjalan dengan lancar,” katanya.

Di sisi lain, dalam rangka percepatan program Vaksinasi Nasional, Polres Magelang terus menyasar warga yang belum mengikuti vaksinasi. Seperti dilaksanakan di Desa Krogowanan, Kecamatan Sawangan, Senin (18/10).

Kasi Humas Iptu Abdul Muthohir hari ini menginformasikan, vaksinasi massal tersebut digelar di Balaidesa Krogowanan dengan vaksinator dari Urkes Polres Magelang dan Puskesmas Sawangan. Jenis vaksin yang digunakan adalah Sinovac dosis I sebanyak 245 vial isi dua dosis per vial.

Selain di Sawangan, dilaksanakan pula vaksinasi di Gerai Polres Magelang. Sebanyak 182 orang divaksin dosis I, kemudian 34 orang dosis II, dan 10 orang divaksin dosis III, total 226 orang.

“Kami juga memvaksin 14 orang di Gerai Polsek Secang. Sebanyak tujuh orang divaksin dosis II dan tujuh orang vaksin dosis III. Dari seluruh kegiatan di tiga lokasi tercatat jenis vaksin Moderna isi 14 dosis sebanyak 2 vial, sementara Coronavac isi 2 dosis digunakan sebanyak 351 vial,” jelasnya.

Jumlah keseluruhan tervaksin pada Senin (18/10) sebanyak 730 orang dengan rincian 672 orang vaksin dosis I, kemudian 41 orang vaksin dosis II dan sebanyak 17 orang suntik vaksin dosis III.

“Jumlah kumulatif hingga Senin 18 Oktober 2021, Polres Magelang telah berhasil memvaksin sejumlah 99.328 orang. Terdiri dari 56.030 orang vaksin dosis I, kemudian 43.170 orang suntik vaksin dosis II, dan sebanyak 128 orang suntik vaksin dosis III,” jelas Iptu Abdul Muthohir.

Eko Priyono