blank
JC Tukiman Tarunasayoga
  1. JC Tukiman Tarunasayoga

Uber, -bacalah seperti Anda mengucapkan ulet atau pun suket (kependekan dari surat keterangan)- , mempunyai arti (i) diudhak-udhak, yaitu diaduk-aduk seperti hal mencampur semen dengan pasir; (ii) diuyak-uyak, dalam arti dikejar-kejar seperti misalnya polisi mencari pencuri untuk ditangkapnya; serta (iii) dikuya-kuya, yaitu diusir untuk pergi secara kasar, seperti misalnya orang mengusir atau mau menangkap tikus dengan berbagai cara dan peralatan. Nguber, berarti orang, bahkan mungkin banyak/beberapa orang melakukan entah mengaduk-aduk, entah mencari-cari, entah pula nguya-uya. Jadi, nguber itu berupa kata kerja dari uber.

Baca Juga: GREGEL: 22 dari 34

Nah ………. Kalau nguber UBER, itu menggambarkan tim perempuan bulutangkis Indonesia yang dua minggu terakhir kemarin berada di Denmark untuk bertanding merebut Piala UBER. Nguber UBER artinya berusaha merebut kemenangan. Bahwa dalam kenyataannya kalah, ya memang keberuntungan dan prestasi tim UBER Indonesia belum seberuntung dan sehebat Tim THOMAS yang menang 3 – 0 atas China. Tim Thomas Indonesia gondhol Piala THOMAS. Selamat!

Baca Juga: Sapa Ngira?

Kalau nguber berarti mengejar atau mencari-cari untuk menemukan atau memerolehnya; gondhol mengisahkan seseorang membawa atau memeroleh sesuatu dengan cara digigit. Itu arti wantah, makna lurusnya. Maaf, seperti kucing memeroleh tikus, maka digondhol kemana-mana seraya mencari tempat aman untuk menikmatinya. Nggondhol juga dapat bermakna berhasil merebut dengan susah payah. Dan di sinilah makna terdalam dari judul ini: Usaha yang luar biasa keras dan taktis telah ditempuh baik oleh tim UBER maupun tim THOMAS Indonesia; dan usahanya itu tiidak sia-sia karena berhasil nggondhol (kembali) piala THOMAS yang pernah diperolehnya terakhir pada tahun 2002. Sembilan belas tahun nguber terus, dan berhasil nggondhol di 17 0ktober 2021 ini.

Baca Juga: Ora Sembada dan Orang Sembada

Perolehan piala THOMAS ini mengandung makna amat banyak, namun yang terutama adalah keberhasilan itu selalu menjadi ujung akhir penantian dan ujung dari jatuh-bangunnya usaha. Paling menyolok dari keberhasilan gondhol THOMAS ini adalah strategi jitu yang ditempuh oleh tim THOMAS Indonesia lewat susunan atau tepatnya urutan pemain berikut komposisinya. Tegasnya, jika ingin berhasil, upaya keras memang terus harus dilakukan, namun jangan pernah lupa berfikir serius tentang strateginya.

Baca Juga: Antara Trima Ngalah dan Trima Ngalahi

Kebanggaan masyarakat Indonesia karena tim kita berhasil (kembali) gondhol piala THOMAS pantas disyukuri karena optimisme telah bangkit di atas puing-puing pesimisme. Berhasil gondhol piala THOMAS, melengkapi kebrrhasilan ganda putri Indonesia merebut emas Olimpiade beberapa bulan lalu. Selama kita terus membangun optimisme, kita pasti akan mampu bangkit sekali pun nada-nada pesimisme sering sengaja dilontarkan entah oleh siapa pun.

Baca Juga: Rebut Unggul untuk Sebuah Sensasi?

Selamat “menikmati di tempat aman” Indonesia perolehan piala THOMAS ini.

(JC Tukiman Tarunasayoga, Pengamat Kemasyarakatan )